IMPLEMENTASI MODUL PRAKTIKUM BERBANTUAN ALAT PERAGA KIT OPTIK SERBAGUNA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPTIK PADA MATERI CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS


Dyah Ulfah Masfufah, 4201415020 (2019) IMPLEMENTASI MODUL PRAKTIKUM BERBANTUAN ALAT PERAGA KIT OPTIK SERBAGUNA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPTIK PADA MATERI CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan alat peraga fisika mempermudah siswa dalam memahami konsep yang terkandung dalam materi fisika. Alat peraga kit optik serbaguna membuat suatu konsep yang abstrak menjadi lebih konkret atau nyata. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, belum terdapat alat peraga kit optik serbaguna di sekolah. Selain itu masih sedikitnya guru dan siswa dalam memahami penggunaan kit optik. Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah juga masih menggunakan metode konvensional (teacher centered), karena guru menganggap penggunaan kit optik dalam pembelajaran rumit, sehingga menyebabkan keterampilan proses sains yang dimiliki siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum berbasis keterampilan proses sains berbantuan alat peraga kit optik serbaguna yang mudah digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Bina Amal Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Umar dan Maryam sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara purposive sampling. Data penelitian tentang keterampilan proses sains siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Sedangkan data respon siswa terhadap modul praktikum berbasis keterampilan proses sains dan alat peraga kit optik serbaguna dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul praktikum berbasis keterampilan proses sains berbantuan alat peraga kit optik serbaguna sebagai media pembelajaran optik materi cahaya dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa SMP. Modul praktikum berbantuan alat peraga kit optik serbaguna sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan proses sains dengan n-gain sebesar 0,76 (kategori tinggi) dan hasil belajar dengan n-gain sebesar 0,59 (kategori sedang). Respon siswa terhadap modul praktikum berbasis keterampilan proses sains sangat setuju yaitu sebesar 77,38% dan respon siswa terhadap alat peraga kit optik serbaguna sangat setuju yaitu sebesar 75,10%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Praktikum, KIT Optik Serbaguna, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 16:06
Last Modified: 29 Jul 2020 16:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37595

Actions (login required)

View Item View Item