PENERAPAN MULTIMODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS X MIA


Rohana, 4201415008 (2019) PENERAPAN MULTIMODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS X MIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di MAN 2 Cilacap menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah sehingga diperlukan model pembelajaran inovatif untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh multimodel pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan multimodel pembelajaran. Penelitian ini melibatkan 3 model pembelajaran yang mendukung terlatihnya kemampuan berpikir kreatif siswa, ketiga model tersebut yaitu SSCS, CPS dan PQ4R. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 4 kelas X MIA di MAN 2 Cilacap. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar pengamatan, angket, perangkat pembelajaran, pretest dan posttest. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, dan perhitungan rata-rata aspek. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan multimodel pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Peningkatan terbesar diberikan oleh model CPS dengan nilai N-gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Penerapan multimodel pembelajaran mendapat respons tinggi yaitu dengan rata-rata keseluruhan sebesar 3,2 dari skor maksimal 4.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimodel, Pembelajaran, Berpikir Kreatif
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 15:58
Last Modified: 29 Jul 2020 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37593

Actions (login required)

View Item View Item