PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI MOMENTUM DAN IMPULS


Laksita Ayu Wardani, 4201415004 (2019) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan pendekatan STEM berbantuan video pada pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis materi momentum dan impuls. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik LKPD dengan pendekatan STEM berbantuan video pada pembelajaran berbasis masalah, mengetahui tingkat kelayakan LKPD dengan pendekatan STEM, dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Sumpiuh. Karakteristik LKPD dengan pendekatan STEM berbantuan video dapat dilihat dari penyajian masalah, pertanyaan dalam kegiatan diskusi dan kegiatan praktikum berupa stimulus permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang diberikan tidak hanya dalam bentuk cetak, namun dalam bentuk video yang diintegrasikan dengan komponen sains, teknologi, teknik, dan matematika. Hasil uji kelayakan dari validator yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa sebesar 88,17 % dan respon peserta didik sebesar 85,94 % menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan STEM berbantuan video untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran fisika. Analisis hasil pretest-posttest menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan meningkatnya hasil uji N-Gain sebesar 0,5 pada kategori peningkatan sedang. Peningkatan terjadi karena penggunaan stimulus permasalahan yang diberikan dalam LKPD khususnya dalam bentuk video pada pembelajaran berbasis masalah dapat membuat peserta didik tertantang untuk memecahkan permasalahan sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, STEM, video, PBL, keterampilan berpikir kritis.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 15:39
Last Modified: 29 Jul 2020 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37592

Actions (login required)

View Item View Item