REMEDIASI MISKONSEPSI MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK REFUTATION TEXT PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH


Siwi Tri Panuntun, 4201415003 (2019) REMEDIASI MISKONSEPSI MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK REFUTATION TEXT PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Fisika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari fenomena alam yang dapat diamati sehari-hari, namun banyak konsep yang sifatnya abstrak. Salah satu materi fisika yang sifatnya abstrak adalah listrik. Mahasiswa baru yang secara usia masih berada dalam tingkat berpikir peralihan antara berpikir konkrit dan abstrak atau bahkan masih dalam tingkat berpikir konkrit, menjadi salah satu penyebab terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi yang terjadi pada mahasiswa sebagai calon guru harus diremediasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meremediasi miskonsepsi adalah dengan memberikan bahan bacaan conceptual change text (CCT). Tujuan pokok penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk yang dapat meremediasi miskonsepsi pada materi listrik, khususnya materi rangkaian arus searah. Dengan demikian, focus penelitian ini adalah mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan produk yang dikembangkan dalam meremediasi miskonsepsi mahasiswa pada materi rangkaian arus searah. Penelitian yang bersifat research and development ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Fisika UNNES dengan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar 2 di rombel 1 sebagai subyek penelitian. Pada penelitian ini dikembangkan bahan ajar berbentuk refutation text dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi bahan ajar, lembar validasi tes miskonsepsi, dan soal tes miskonsepsi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berasal dari saran yang diberikan oleh validator pada lembar validasi, serta data kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan hasil validasi dan hasil tes. Kelayakan produk ditentukan oleh hasil perhitungan lembar validasi dan keefektifan produk dalam meremediasi miskonsepsi ditentukan oleh uji N-gain menggunakan nilai pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rerata skor sebesar 3. Jadi, bahan ajar berbentuk refutation text yang dikembangkan masuk dalam kategori baik dan layak digunakan dengan revisi kurang dari separuh bagian, sedangkan berdasarkan hasil uji N-gain yang telah dilakukan, diperoleh N-gain sebesar 0,497397 dengan kategori sedang. Jadi, bahan ajar berbentuk refutation text yang dikembangkan efektif dalam meremediasi miskonsepsi mahasiswa pada materi rangkaian arus searah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Remediasi, Refutation text
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:54
Last Modified: 29 Jul 2020 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37591

Actions (login required)

View Item View Item