PENGEMBANGAN INSTRUMEN TESTLET BERORIENTASI HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI USAHA DAN ENERGI


Elen Dian Viska, 4201415002 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TESTLET BERORIENTASI HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI USAHA DAN ENERGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201415002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum 2013, pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan saintifik dan berorientasi HOTS. Pendekatan saintifik menerapkan keterampilan proses sains. Berdasarkan observasi di beberapa sekolah di Banjarnegara, proses pembelajaran materi Usaha dan Energi jarang dilakukan praktikum, yang menunjukkan bahwa penilaian keterampilan proses sains siswa pada materi Usaha dan Energi melalui praktikum masih jarang. Sehingga dikembangkan instrumen testlet berorientasi HOTS untuk mengukur keterampilan proses sains pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas instrumen testlet berorientasi HOTS untuk mengukur keterampilan proses sains materi Usaha dan Energi dan mengetahui profil keterampilan proses sains dan HOTS materi Usaha dan Energi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R & D) dengan tahapan ADDIE. Instrumen testlet merupakan tes tertulis yang terdiri dari topik Usaha, Energi, Hukum kekekalan energi mekanik dan Daya dengan menggunakan indikator mengontrol variabel, merumuskan hipotesis, menginterpretasi data, merancang percobaan dan mendefinisikan variabel secara operasional yang berdasarkan dimensi proses kognitif C4, C5 dan C6 serta dimensi pengetahuan konseptual dan prosedural. Soal testlet menggabungkan keefektifan soal uraian dan pilihan ganda yang terdiri dari dua soal pendukung dengan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan yang berbeda. Instrumen testlet yang dikembangkan sejumlah 12 testlet dinyatakan diterima baik menurut ahli maupun secara empiris menggunakan corrected item – total correlation. Rata-rata Aiken’s V sebesar 0,88 dengan kategori sangat tinggi dan memiliki reliabilitas 0,764 dengan kategori tinggi. Proporsi daya pembeda soal 8,3% cukup dan 91,7% baik dan proporsi tingkat kesukaran 8,3% soal mudah, 75% soal sedang dan 16,7% soal sulit. Profil keterampilan proses sains peserta tes sebesar 47% rendah, 42% sedang dan 11% tinggi dengan indikator merancang percobaan (46,60), merumuskan hipotesis (39,8), mengontrol variabel (39,6), menginterpretasi data (34,8) dan mendefinisikan variabel secara operasional (24). Profil HOTS peserta tes yaitu C4-menganalisis (40-kurang), C5-mengevaluasi (24-kurang), C6-Mencipta (38-kurang).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: testlet, keterampilan proses sains, HOTS
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:48
Last Modified: 29 Jul 2020 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37590

Actions (login required)

View Item View Item