PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERWAWASAN SAINS, ENVIRONTMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA SMP


Ninda Yera Setyo Nainggolan, 4201414104 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERWAWASAN SAINS, ENVIRONTMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201414104.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting dari perangkat pembelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar baik bagi guru maupun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA berwawasan SETS pada materi bunyi dan mengetahui pengaruh implementasi bahan ajar IPA berwawasan SETS terhadap kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode riset and developmen dengan pemilihan kelas sampel menggunakan metode purposive sampling. Proses pembelajaran menggunakan dua kelas percobaan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang bertempat pada SMP Negeri 01 Taman Kab Pemalang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Bahan ajar diuji kelayakan menggunakan angket sedangkan kemampuan literasi siswa diuji dengan menggunakan test. Hasil dari penellitian pengembangan bahan ajar berupa uji kelayakan bahan ajar sebesar 82,73% dengan kriteria layak untuk digunakan sedangkan hasil keterbacaan bahan ajar 84,7% dengan kriteria mudah untuk dipahami. Sedangkan hasil implementasi bahan ajar terhadap kemampuan literasi sains siswa terlihat dari perbedaan n-gain kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan n-gain kelas kontrol adalah 0,32 dengan kriteria rendah, sedangkan kelas eksperimen mendapatkan peningkatan n-gain sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Terdapat perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan dapat diartikan bahwa bahan ajar berwawasan SETS berhasil meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, SETS,literasi sains
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:26
Last Modified: 29 Jul 2020 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37588

Actions (login required)

View Item View Item