PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR


Hafshoh Soimah, 4201414100 (2019) PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201414100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan berbasis Scince, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Experimental Method. Desain penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik diuji dengan uji N-gain. Keterampilan proses sains peserta didik secara keseluruhan mengalami peningkatan dengan kriteria sedang setelah diberi pembelajaran IPA berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Peningkatan keterampilan proses sains pada kriteria sedang pada keterampilan mengamati, menafsirkan, meramalkan, dan menggunakan alat atau bahan dan pada kriteria rendah untuk keterampilan mengelompokkan, berhipotesis, menerapkan konsep dan berkomunikasi. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan pada kriteria sedang. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran IPA berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, STEM, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:11
Last Modified: 29 Jul 2020 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37587

Actions (login required)

View Item View Item