PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU TIPE INTEGRATED BERBASIS STEM


Salma Fadhilla Nurmalitasari, 4201414072 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU TIPE INTEGRATED BERBASIS STEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201414072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 menunjukkan bahwa secara umum peserta didik Indonesia lemah di semua aspek konten maupun kognitif, baik untuk matematika maupun sains. Kemampuan peserta didik Indonesia masih sangat minim tetapi cukup tinggi pada soal yang familiar dengan keseharian. Berdasarkan pernyataan yang telah disampaikan TIMSS, maka untuk meningkatkan aspek konten maupun kognitif peserta didik di Indonesia, dapat dilakukan pembelajaran sains pada kehidupan sehari-hari, kemudian diintegrasikan dengan teknologi yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga proses belajar siswa tidak hanya tentang konsep sains/IPA tetapi juga kepada teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar IPA Terpadu tipe integrated berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematic) yang valid, efektif dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Produk berupa bahan ajar IPA Terpadu tipe integrated berbasis STEM bertema cahaya. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan model integrated menurut Forgaty. Uji coba produk dilaksanakan di SMP Negeri 4 Purworejo. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu dua dosen dengan hasil layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji keterbacaan dilakukan dengan tes rumpang oleh siswa dengan memperoleh kriteria mudah dipahami. Uji kepraktisan bahan ajar melalui angket kepraktisan bahan ajar dengan hasil cukup praktis. Uji keefektifan bahan ajar dilaksanakan melalui desain eksperimen (One-group Pretest-Posttest Design) dengan hasil belajar ranah kognitif dan pemahaman IPA terpadu siswa mengalami peningkatan. Hasil peningkatan diuji menggunakan N-gain dengan hasil sebesar 0,75. Disimpulkan bahwa bahan ajar IPA terpadu tipe integrated berbasis STEM layak, praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: STEM, bahan ajar, kognitif
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 13:49
Last Modified: 29 Jul 2020 13:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37581

Actions (login required)

View Item View Item