PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF


Rizki Indri Yanti, 4201414064 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201414064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kehidupan abad 21 akan dihadapkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, sehingga dibutuhkan keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai untuk menjadi pribadi yang sukses salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Namun, pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa Indonesia masih cukup rendah. Berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui pendekatan STEM. Pendekatan STEM dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah dan menarik kesimpulan kemudian mengaplikasikannya dalam sains, teknologi, teknik dan matematika, serta kemampuan bernalar siswa. Pendekatan STEM sebagai pendekatan terpadu dapat didukung menggunakan bahan ajar. Bahan ajar mengembangkan berpikir kreatif karena ajar memungkinkan siswa dapat mempelajari suatu kompetensi atau KD secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu, serta mendorong interaksi antara guru dan siswa. Materi gaya dan gerak sederhana sangat dekat dengan berbagai penerapan sains, teknologi, teknik dan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis STEM yang membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah Research & Development (R&D) Method. Desain penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah One-Group Pretest-Posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis STEM untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Kelayakan bahan ajar berbasis STEM memperoleh kriteria layak. Keterbacaan bahan ajar berbasis STEM memperoleh kriteria mudah dipahami. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan diuji dengan uji N-gain dan memperoleh peningkatan dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa bahan ajar berbasis STEM untuk kelas VIII dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, STEM, Berpikir Kreatif
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 13:34
Last Modified: 29 Jul 2020 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37578

Actions (login required)

View Item View Item