PEMANFAATAN YOUTUBE CHANNEL “LABORATORIUM FISIKA” BERBASIS GUIDED INQURY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA


Thomas Tris Trianto, 4201414053 (2019) PEMANFAATAN YOUTUBE CHANNEL “LABORATORIUM FISIKA” BERBASIS GUIDED INQURY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201414016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fisika sangat identik dengan penyelidikan fenomena alam. Mempelajari fisika sebaiknya tidak hanya melalui teori saja, namun juga melalui praktik di laboratorium (praktikum). Penelitian ini memanfaakan media sosial Youtube untuk share media video pembelajaran (materi dan kegiatan praktikum) berbasis guided inquiry. Tujuan penelitian adalah pembuatan media Youtube Channel “Laboratorium Fisika” berbasis guieded inquiry untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan laboratorium siswa. Hal ini didasarkan pada kurangnya keterampilan laboratorium siswa, sehingga dalam pembelajaran mereka tidak dapat mencapai tujuan belajar dengan maksimal. Metode penelitian mengggunakan Research and Development untuk pembuatan media Youtube Channel “Laboratorium Fisika” dan Quasi Experimental Design dengan metode PreTest and PostTest Group Design untuk mengetahui peningkatan pemahaman konse siswa dan keterampilan laboratorium siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan didapat satu kelas yaitu kelas XI IPA 1 SMA N 2 Semarang. Selanjutnya dilakukan pengambilan data menggunakan angket dan soal yang telah divalidasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji N-Gain dan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan telah berhasil dibuat Youtube Channel “Laboratorium Fisika” berbasis guided inquiry dengan kriteria “Sangat Layak” dengan penilaian 91%, serta sudah memenuhi kriteria video pembelajaran berbasis guided inquiry. Pembelajaran dengan media tersebut juga dapat meningkatkan pemahaman konsep dengan Nilai N-Gain 0,4 dengan kriteria “Sedang” dan keterampilan laboratorium dengan Nilai N-Gain 0,7 dengan kriteria “Sedang”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided inquiry, keterampilan laboratorium, pemahaman konsep, Youtube Channel,
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 13:20
Last Modified: 29 Jul 2020 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37574

Actions (login required)

View Item View Item