PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP


Oktaviani Putri Sukmagati, 4201414008 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201414008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, keterbacaan, dan keefektifan lembar kerja siswa berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan bearpikir kreatif siswa SMP pembelajaran IPA fisika materi usaha dan pesawat sederhana. Metode yang digunakan yaitu R&D yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, uji coba produk, revisi desain, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. LKS yang dihasilkan mempunyai karakteristik pendekatan STEM yang dipadukan dengan aspek berpikir kreatif. Hasil penilaian validasi lembar kerja siswa menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan sangat layak dengan skor rerata komponen materi/isi sebesar 3,40; penyajian sebesar 3,37; dan bahasa sebesar 3,15. Tingkat keterbacaan mudah dipahami dengan persentase sebesar 92,82%. LKS dapat membantu meningkatkan hasil belajar kognitif ditandai dengan peningkatan pretest-posttest hasil analisis n-gain sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat setelah menggunakan LKS STEM. Peningkataan kemampuan berpikir kreatif berada pada kategori tinggi pada aspek kelancaran dan elaborasi, kategori sedang pada aspek keluwesan, dan kategori rendah pada aspek orisinal. Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Secara keseluruhan, lembar kerja siswa berbasis STEM materi usaha dan pesawat sederhana layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif; STEM; lembar kerja siswa.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 13:07
Last Modified: 29 Jul 2020 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37572

Actions (login required)

View Item View Item