IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH


Isti Wulandari, 4201412022 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112316023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuan atau akademisi ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah siswa setelah diterapkan metode pembelajaran eksperimen dengan pendekatan Double Loop Problem Solving (DLPS). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Data sikap ilmiah siswa diperoleh melalui metode angket, sedangkan data pemahaman konsep diperoleh melalui metode tes. Peningkatan sikap ilmiah siswa dihitung dengan menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah siswa setelah diterapkan metode pembelajaran eksperimen dengan pendekatan Double Loop Problem Solving (DLPS). Nilai rata-rata gain sikap ilmiah siswa setelah diberi perlakuan adalah sebesar 0,33 yang berada pada kategori sedang. Pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebesar 0,38 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan pendekatan Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Eksperimen, Double Loop Problem Solving, Sikap Ilmiah Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 12:40
Last Modified: 29 Jul 2020 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37566

Actions (login required)

View Item View Item