ANALISIS FAKTOR INDEKS HARGA KONSUMEN PADA KELOMPOK PENGELUARAN YANG MEMPENGARUHI LAJU INFLASI KOTA SURAKARTA TAHUN 2018


Bihaqi Al Rafik, 4112316022 (2019) ANALISIS FAKTOR INDEKS HARGA KONSUMEN PADA KELOMPOK PENGELUARAN YANG MEMPENGARUHI LAJU INFLASI KOTA SURAKARTA TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112316022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Indeks Harga Konsumen merupakan salah satu indikator ekonomi makro yang dapat digunakan untuk melihat pergerakan/perubahan naik/turunnya harga secara umum. Ada hubungan yang cukup erat antara IHK dan Inflasi. Perubahan IHK menceriminkan perubahan-perubahan harga. Harga yang membumbung tinggi tergambar dalam inflasi yang tinggi. Sementara itu, harga yang relatif stabil tergambar dalam angka inflasi yang rendah. Sebagai contoh, menurut data BPS kota Surakarta pada bulan desember 2017 kota Surakarta mengalami inflasi sebesar 1,10 persen dengan Indeks Harga Konsumen sebesar 126,21 lebih tinggi dibanding November 2017 yang mengalami inflasi sebesar 0,15 persen, yang disebabkan naiknya angka Indeks Harga Konsumen pada kelompok pengeluaran. Analisis faktor adalah suatu teknik analisis yang mencoba menemukan hubungan (interrelationship) antara sejumlah variabel-variabel yang saling independen satu dengan yang lain, sehingga bisa dibuat satu atau beberapa kumpulan variabel yang lebih sedikit dari jumlah variabel awal. Analisis yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis faktor indeks harga konsumen mengunakan Software SPSS dan R Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui variabel Indeks Harga Konsumen pada kelompok pengeluaran yang mempengaruhi laju inflasi kota Surakarta tahun 2018, mengetahui berapa faktor yang terbentuk setelah dilakukan analisis faktor, mengetahui variabel Indeks Harga Konsumen pada kelompok pengeluaran yang dominan mempengaruhi laju inflasi kota Surakarta tahun 2018 serta perbandingan Analisis faktor menggunakan SPSS dan R Berdasarkan hasil analisis faktor melalui uji kelayakan variabel diperoleh bahwa ketujuh variabel IHK pada kelompok pengeluaran layak dianalisis lebih lanjut. Satu faktor adalah yang optimal dalam meringkas ketujuh variabel tersebut. Faktor yang paling dominan pengaruhnya dari Indeks Harga Konsumen yang mempengaruhi laju inflasi kota Surakarta tahun 2018 adalah kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau dengan korelasi sebesar 0,983. Perbandingan Analisis faktor menggunakan SPSS dan R ditunjukan pada langkah analisisnya, dalam SPSS uji analisis faktor sudah tersedia pada menu di SPSS sedangkan dalam R analisisnya mengunakan Syntax program yang dibangun sendiri. Hasil analisis mengunakan SPSS maupun R terbilang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Indeks Harga Konsumen, Inflasi, Analisis Faktor, SPSS, R
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 12:24
Last Modified: 29 Jul 2020 12:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37564

Actions (login required)

View Item View Item