ANALISIS INTELEKTUAL, SOSIO-EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ANAK PPA IO-581 SEMARANG MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING


Rivo Putra Kristia Wibowo, 4112316015 (2019) ANALISIS INTELEKTUAL, SOSIO-EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ANAK PPA IO-581 SEMARANG MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112316015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas baik agar dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik. Aspek intelektual, sosio-emosional dan spiritual dalam SDM sangat penting karena dibutuhkan untuk menciptakan kualitas SDM yang baik dalam dunia kerja. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara aspek Intelektual, sosio-emosional dan spiritual serta mengetahui model terbaik dengan menggunakan metode SEM pada anak-anak PPA IO-581 Semarang. Data penelitian yang digunakan yaitu data tentang LKPA (Laporan Kemajuan Perkembangan Anak) yang diperoleh dari kantor PPA IO-581 Semarang dengan menggunakan metode dokumentasi. Jumlah sampel yang diambil 120 anak. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu untuk uji asumsi seperti normalitas dan multikolinearitas baik. Pada pengujian Goodness Of Fit dan Convergent Validity baik kecuali untuk uji Discriminat Validity. Pada pengujian model struktural diperoleh persamaan INT = 0,42*EMO + 0,52*SPIRIT, untuk variabel laten EMO (Sosio-emosional) diperoleh nilai thitung = 1,73 > ttabel = 1,65 pada tingkat signifikansi 10% dan untuk variabel laten SPIRIT (Spiritualitas) diperoleh nilai thitung = 2,13 > ttabel = 1,98 pada tingkat signifikansi 5% selanjutnya persamaan yang kedua yaitu EMO = 0,90*SPIRIT, untuk variabel laten SPIRIT (Spiritualitas) diperoleh nilai thitung = 9,55 > ttabel = 1,98 pada tingkat signifikansi 5%. Kesimpulan yang diambil adalah Pengaruh variabel laten EMO (Sosio-emosional) terhadap variabel laten INT (Intelektual) adalah signifikan dengan tingkat kepercayaan 90% (∝=10) karena uji statistik t menunjukkan bahwa nilai thitung = 1,73 > ttabel = 1,65. Selanjutnya pengaruh variabel laten SPIRIT (Spiritualitas) terhadap variabel laten INT (Intelektual) adalah signifikan dengan tingkat kepercayaan 95% (∝=5) karena uji statistik t menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,13 > ttabel = 1,98. Kemudian pengaruh variabel laten SPIRIT (Spiritualitas) terhadap variabel laten EMO (Spiritualitas) juga signifikan dengan tingkat kepercayaan 95% (∝=5) karena uji statistik t menunjukkan bahwa nilai thitung = 9,55 > ttabel = 1,98. Model terbaik untuk penelitian ini yaitu dengan melakukan represifikasi model pada uji Goodness of Fit yaitu menambahkan error covariance pada variabel indikator SPIRIT2 dan variabel indikator INT1 dan akhirnya menghasilkan output nilai P-Value Chi-Square yang sebelumnya 0,00 menjadi 0,095.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SEM, LISREL, Intelektual, Sosio-emosional, Spiritual.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 12:15
Last Modified: 29 Jul 2020 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37563

Actions (login required)

View Item View Item