ANALISIS MULTIVARIAT KORELASI KANONIKAL PENGARUH JUMLAH TEMPAT TIDUR HOTEL BINTANG, HOTEL NON BINTANG DAN PONDOK WISATA TERHADAP JUMLAH TENAGA KERJA DAN TAMU PENGUNJUNG HOTEL DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2010-2017 DENGAN BANTUAN SOFTWARE SPSS


Wahab Tri Nugroho, 4112316013 (2019) ANALISIS MULTIVARIAT KORELASI KANONIKAL PENGARUH JUMLAH TEMPAT TIDUR HOTEL BINTANG, HOTEL NON BINTANG DAN PONDOK WISATA TERHADAP JUMLAH TENAGA KERJA DAN TAMU PENGUNJUNG HOTEL DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2010-2017 DENGAN BANTUAN SOFTWARE SPSS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112316013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan pada proses mencari adakah hubungan (korelasi) secara simultan antara sekelompok variabel independen dan sekelompok variabel dependen adalah menggunakan analisis korelasi. Jika ada hubungan, maka dicari variabel independen mana saja yang berkorelasi secara kuat dengan variabel dependen. Maka salah satu metode statistik multivariat yang dapat digunakan untuk mencari suatu hubungan korelasi secara simultan antara sekelompok variabel independen dan sekelompok variabel dependen adalah analisis korelasi kanonikal yang termasuk dalam analisis statistika multivariat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan analisis multivariat dengan korelasi kanonikal untuk mengetahui pengaruh jumlah tempat tidur hotel bintang, hotel non bintang dan pondok wisata terhadap jumlah tenaga kerja hotel di Kabupaten Semarang? (2) Bagaimana penerapan analisis multivariat dengan korelasi kanonikal untuk mengetahui pengaruh jumlah tempat tidur hotel bintang, hotel non bintang dan pondok wisata terhadap jumlah tamu pengunjung hotel di Kabupaten Semarang? (3) Adakah interaksi antara jumlah tempat tidur hotel bintang, hotel non bintang dan pondok wisata terhadap jumlah tenaga kerja dan tamu pengunjung hotel di Kabupaten Semarang. Dalam penelitian data yang digunakan diperoleh melalui pengumpulan data metode dokumentasi yang diperoleh dari instansi, Badan Pusat Statistik Kabupaten Semarang yaitu data jumlah tempat tidur hotel bintang, jumlah tempat tidur hotel non bintang, jumlah tempat tidur pondok wisata, jumlah tenaga kerja dan jumlah tamu pengunjung hotel di wilayah Kabupaten Semarang. Hasil akhir dari penelitian ini, berdasarkan interpretasi korelasi kanonikal yang dilakukan dengan tiga koefisien yaitu Canonical Weight, Canonical Loadings dan Canonical Cross-Loadings, terdapat hubungan atau interaksi antara independent variat terhadap dependent variat dengan artian ada pengaruh jumlah tempat tidur hotel bintang, jumlah tempat tidur hotel non bintang dan jumlah tempat tidur pondok wisata terhadap jumlah tenaga kerja hotel dan jumlah tamu pengunjung hotel. Dan dari ketiga variabel independent yang memberikan pengaruh terhadap variabel dependent, yaitu variabel jumlah tempat tidur hotel bintang karena memberikan besaran angka korelasi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis multivariat, korelasi kanonik dan hotel
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 12:08
Last Modified: 29 Jul 2020 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37561

Actions (login required)

View Item View Item