ANALISIS FAKTOR INDEKS HARGA KONSUMEN PADA KELOMPOK PENGELUARAN YANG MEMPENGARUHI TINGKAT INFLASI DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018


Zubin Mehta Habibie, 4112316007 (2019) ANALISIS FAKTOR INDEKS HARGA KONSUMEN PADA KELOMPOK PENGELUARAN YANG MEMPENGARUHI TINGKAT INFLASI DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112316007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang selalu muncul dalam setiap perekonomian adalah inflasi. inflasi biasanya dijadikan acuan untuk melihat seberapa buruknya masalah ekonomi yang ada pada suatu tempat/negara. permasalahan pertama yang paling kritis dalam kebijakan moneter adalah kesulitan pengambil kebijakan dalam mengendalikan laju inflasi. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya isu-isu yang beredar terkait dengan Indeks Harga Konsumen yang mempengaruhi inflasi secara signifikan. Diantara yang sering sekali terdengar adalah isu tentang harga bahan pokok yang naik secara pesat sehingga menimbulkan inflasi yang cukup besar. Tentu saja hal itu akan sangat meresahkan terutama kepada rakyat. Selanjutnya akan dilakukan analisis statistik yang dapat mendeteksi faktor dimana nantinya dapat dilihat variabel apa saja yang mempengaruhi Indeks Harga Konsumen (IHK) khususnya di kabupaten Demak pada tahun 2018. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi dan literatur. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari BPS Kabupaten Demak. Data yang diambil kemudian dianalisis menggunakan analisis faktor dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel terhadap faktor yang akan terbentuk adalah lebih dari 0,5 yaitu Bahan Makanan = 0,510; Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau = 0,988; Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar = 0,972; Sandang = 0,984; Kesehatan = 0,966; Pendidikan, Rekreasi dan Olahraga = 0,962; Transportasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan = 0,996 sehingga bisa disimpulkan bahwa semua variabel dalam Indeks Harga Konsumen (IHK) berperan cukup besar dalam mempengaruhi Inflasi. Bisa disimpulkan bahwa variabel Transportasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan memberikan pengaruh yang paling besar karena memiliki pengaruh sebesar 0,996. Sehingga bukan hanya pada bahan pokok, namun pemerintah juga harus lebih baik lagi untuk mengontrol inflasi dari sektor lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, Indeks Harga Konsumen, Inflasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Jul 2020 11:43
Last Modified: 29 Jul 2020 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37559

Actions (login required)

View Item View Item