PENERAPAN REGRESI DATA PANEL UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH PADA TAHUN 2011-2017


Vivi Rosiyana Dewi, 4112316002 (2019) PENERAPAN REGRESI DATA PANEL UNTUK MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH PADA TAHUN 2011-2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112316002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tingginya angka kemiskinan di Indonesia. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Indonesia diantaranya adalah persentase laju PDRB, jumlah penduduk usia produktif (tenaga kerja), jumlah pengangguran, dan pengaluaran per kapita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan regresi data panel untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2011-2017, untuk mengetahui persamaan regresi data panel yang terbentuk dan untuk mengetahui variabel apa yang memiliki pengaruh terbesar terhadap kemiskinan. Pengambilan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan data di Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah. Data yang diambil adalah persentase laju PDRB, jumlah penduduk usia produktif (tenaga kerja), jumlah pengangguran, dan pengaluaran per kapita. Model analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model (REM) dan menggunakan software Eviews9 untuk analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Random Effect Model (REM) variabel laju PDRB, jumlah penduduk usia produktif, jumlah pengangguran, dan pengerluaran perkapita secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kemiskinan, dan variabel yang memberikan pengaruh terbesar terhadap kemiskinan di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2011-2017 yaitu variabel pengeluaran perkapita. Dari hasil pengujian koefisien determinasi dapat dilihat bahwa variabel laju PDRB, jumlah penduduk usia produktif, jumlah pengangguran, dan pengerluaran perkapita sebesar 56,23%. Sisanya 43,77% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Regresi Data Panel, Kemiskinan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 28 Jul 2020 18:55
Last Modified: 28 Jul 2020 18:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37555

Actions (login required)

View Item View Item