ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PULAU JAWA DENGAN MENGGUNAKAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS DAN COMMON FACTOR ANALYSIS


Amalia Nuciffera, 4112315012 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI PULAU JAWA DENGAN MENGGUNAKAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS DAN COMMON FACTOR ANALYSIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112315012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesejahteraan rakyat selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan sasaran utama kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh setiap negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di pulau jawa menggunakan analisis faktor. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah angka kematian bayi, angka kematian ibu, angka kelahiran kasar, angka harapan hidup, angka melek huruf, angka partisipasi murni jenjang SMA, angka partisipasi kasar jenjang SMA, tingkat pengangguran terbuka, tingkat partisipasi angkatan kerja, presentase masyarakat yang memiliki rumah sendiri, presentase rumah yang memiliki akses penerangan listrik di pulau jawa. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari kabupaten/kota di pulau jawa tahun 2016. Analisis data dilakukan dengan menggunakan platfrom python dan SPSS. Berdasarkan hasil uji normalitas terhadap data dengan uji anderson-darling dan uji normalitas multivariat. Data dinyatakan normal. Selanjutnya penilaian variabel yang layak dengan melakukan pengujian KMO dan barlett’s test of sphericity. Didapatkan 9 variabel yang layak dilanjutkan ke analisis faktor. Proses factoring menggunakan metode principal component analysis dan maximum likelihood serta dilakukan proses dengan metode varimax terbentuk 2 faktor. Berdasarkan hasil pemfaktoran yang bertujuan untuk mengetahui metode yang terbaik. Dari proses ini diperoleh metode maximum likelihood yang terbaik dengan nilai RSME 0,25956258.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Masyarakat, Analisis Faktor, Principal Component Analysis, Common Factor Analysis, Maximum Likelihood.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 28 Jul 2020 18:36
Last Modified: 28 Jul 2020 18:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37552

Actions (login required)

View Item View Item