PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN KELAS X DI SMK N 1 BAWANG BANJARNEGARA


Silvia Syahzana , 5401414021 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN KELAS X DI SMK N 1 BAWANG BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN KELAS X DI SMK N 1 BAWANG BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN KELAS X DI SMK N 1 BAWANG BANJARNEGARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi prapenelitian di lapangan menunjukkan adanya perubahan kurikulum dan pemadatan materi serta adanya materi baru dalam Mata Pelajaran Dasar Desain. Hal ini menyebabkan siswa kurang berminat dan kesulitan dalam mengikuti pembelajaran, ditambah penggunaan media yang kurang memadai. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan pop up book sebagai media pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media pada Mata Pelajaran Dasar Desain dan untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari enam tahap, yaitu : 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk. Validasi dilakukan oleh tiga ahli yakni dosen ahli dan guru Mata Pelajaran. Media yang dikembangkan diujicobakan pada satu kelas siswa Tata Busana yang pernah menempuh mata pelajaran Dasar Desain kelas X di SMK N 1 Bawang yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Adanya kebutuhan media pembelajaran pop up book yang berisi materi dan langkah membuat Desain Kolase, media sangat dibutuhkan karena media pop up book dianggap menarik dan belum pernah dikembangkan dalam Mata Pelajaran Dasar Desain, sehingga siswa yang memiliki karakter cepat bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran dapat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, selain itu Desain Kolase dijadikan materi dalam media pop up book dikarenakan guru belum memiliki media pembelajaran yang tepat pada materi Desain Kolase dan materi Desain Kolase merupakan materi baru dalam Mata Pelajaran Dasar Desain kelas X setelah mengalami perubahan kurikulum. 2) Tingkat kelayakan media pop up book sebagai media pembelajaran Dasar Desain kelas X di SMK N 1 Bawang Banjarnegara dilihat dari hasil uji kelayakan oleh ahli diperoleh 83% (sangat layak), kemudian hasil dari penilaian siswa terhadap media pop up book diperoleh presentase sebesar 84% (sangat layak) Simpulan dari penelitian ini yaitu; 1) Adanya kebutuhan pengembangan media pop up book dikarenakan terdapat materi baru yakni Desain Kolase dan karakter siswa yang cepat bosan. 2) Tingkat kelayakan media pop up book oleh tiga ahli diperoleh rata-rata sebesar 83% (sangat layak), kemudian hasil penilaian siswa diperoleh rata-rata presentase sebesar 84% (sangat layak), sehingga media pop up book dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran Dasar Desain. Saran yang dapat diajukan yaitu peneliti yang ingin melakukan penelitian serupa, disarankan dapat melakukan penelitian hingga menguji keefektifan penggunaan media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dasar desain, pengembangan media, pop up book.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jul 2020 13:42
Last Modified: 28 Jul 2020 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37527

Actions (login required)

View Item View Item