PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN TABUNG GAS LPG DAN BIAYA TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOUR DAN CLARKE & WRIGHT SAVINGS (Studi Kasus: PT. Harum Ossamac Grobogan)


Wulan Yulianingrum, 4111415013 (2019) PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN TABUNG GAS LPG DAN BIAYA TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NEAREST NEIGHBOUR DAN CLARKE & WRIGHT SAVINGS (Studi Kasus: PT. Harum Ossamac Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111415013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan rute pendistribusian termasuk dalam Vehicle Routing Problem (VRP) yaitu permasalahan penentuan rute kendaraan dalam mendistribusikan barang dari tempat produk yang dinamakan depot ke konsumen dengan tujuan meminimumkan total jarak tempuh kendaraan. Jenis VRP diantaranya Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) dimana setiap kendaraan mempunyai kapasitas yang terbatas. Permasalahan distribusi tabung gas LPG dari salah satu agen LPG di Grobogan adalah PT. Harum Ossamac ke beberapa sub agen/pangkalan merupakan contoh kasus permasalahan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penyelesaian masalah rute pendistribusian tabung gas LPG dari depot ke pelanggan dan kembali ke depot serta biaya transportasi dengan algoritma Nearest Neighbour dan algoritma Clarke & Wright Savings. Pencarian rute tersebut dilakukan secara hitungan manual dan dengan bantuan program Matlab R2014a. selanjutnya akan ditentukan keefektifan dari penggunaan kedua algoritma tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara secara langsung dengan pimpinan di PT Harum Ossamac. Data yang diamil berupa alamat-alamat pelanggan dan jumlah permintaan setiap pelanggan pada bulan April 2019. Selanjutnya dilakukan pencarian jarak dari masing-masing lokasi ke lokasi lain dengan bantuan google maps. PT Harum Ossamac Grobogan mendistribusikan tabung gas ke pangkalan sebanyak 1 kali seminggu dengan menggunakan 3 kendaraan berkapasitas 240 tabung. Pada solusi algoritma Nearest Neighbour diperoleh penghematan jarak sebesar 341,4 km/hari dan penghematan biaya transportasi sebesar Rp219.776,25/hari dan algoritma Clarke & Wright Saving diperoleh penghematan jarak sebesar 176,5 km/hari dan penghematan biaya transportasi sebesar Rp113.621,875/hari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rute yang dibentuk menggunakan algoritma Nearest Neighbour pada kasus ini lebih efektif dibandingkan rute yang dibentuk menggunakan algoritma Clarke & Wright Saving. Dalam hasil analisis, diharapkan PT Harum Ossamac menerapkan algoritma Nearest Neighbour dalam proses pendistribusian tabung gas LPG 3 kg, sehingga biaya yang dikeluarkan minimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CVRP, Algoritma Nearest Neighbour, Algoritma Clarke & Wright Savings, Matlab.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 28 Jul 2020 12:38
Last Modified: 28 Jul 2020 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37521

Actions (login required)

View Item View Item