Potensi Budaya Jawa dalam Meningkatkan Multiple Intelegence Mahasiswa Calon Guru Kimia


Sri Wardani, MIPA Pendidikan Kimia (2014) Potensi Budaya Jawa dalam Meningkatkan Multiple Intelegence Mahasiswa Calon Guru Kimia. In: SEMINAR NASIONAL IPA V “SCIENTIFIC LEARNING DALAM KONTEN DAN KONTEKS KURIKULUM 2013”, 26 April 2014, SEMARANG.

[thumbnail of Potensi Budaya Jawa dalam Meningkatkan Multiple Intelegence Mahasiswa Calon Guru Kimia]
Preview
PDF (Potensi Budaya Jawa dalam Meningkatkan Multiple Intelegence Mahasiswa Calon Guru Kimia) - Published Version
Download (12MB) | Preview
[thumbnail of Review_Potensi_Budaya_Jawa_dalam_Meningkatkan_Multiple.pdf]
Preview
PDF
Download (912kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang budaya jawa yang masih dikenal mahasiswa calon guru kimia dan hubungannya dengan peningkatan multiple intelligence. Penelitian dengan metode deskripsi ini menggunakan subyek 69 mahasiswa pendidikan kimia yang mengambil matakuliah kimia analisis instrument. Data dikumpulkan melalui angket dan kuesioner. Dari 69 mahasiswa yang di observasi, 91,3% menyatakan masih mengenal dan memelihara budaya jawa di dalam keluarganya. Sebanyak 97% dari mereka masih mengenal budaya wayang, dan 93 % nya menyatakan persetujuannya bahwa budaya gotong royong berpengaruh positip didalam bekerja sama dengan teman dalam kelompok di laboratorium. Hasil analisis lain menyatakan bahwa 83% dari mereka mengatakan budaya kerja alon-alon waton kelakon memberi efek positif pada kerja orang jawa, yaitu menyebabkan mereka bekerja lebih teliti dan ulet atau tekun dalam bekerja di laboratorium, sehingga multiple intelligence terkembangkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Multiple intelligence dan budaya jawa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Jul 2020 11:26
Last Modified: 28 Jul 2020 11:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37517

Actions (login required)

View Item View Item