Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa


Prahasti Cynthia Hardiyanti, - and Sri Wardani, MIPA Pendidikan Kimia and Sri Nurhayati, - (2017) Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (1). pp. 1862-1671. ISSN 1979-0503

[thumbnail of Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa]
Preview
PDF (Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa) - Published Version
Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Review_Keefektifan_Model_Problem_Based_Learning_Untuk_Meningkatkan_Keterampilan_Proses_Sains_Siswa.pdf]
Preview
PDF
Download (920kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui keefektifan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel bebas adalah model problem based learning yang digunakan, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan proses sains. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan uji N-gain dan uji t, sedangkan angket dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji perbedaan rerata menunjukkan thitung keterampilan proses sains 5,54 lebih besar dari tkritis yaitu 1,66 sehingga keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. N-gain keterampilan proses sains kelas eksperimen adalah 0,71 pada kategori tinggi dan kelas kontrol adalah 0,52 pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri di Semarang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses sains, problem based learning
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Jul 2020 13:10
Last Modified: 26 Jul 2020 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37510

Actions (login required)

View Item View Item