Pengembangan Alat Evaluasi IPA Terpadu Topik Perubahan Materi Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa


Mim Jazuli, - and Sri Wardani, MIPA Pendidikan Kimia (2015) Pengembangan Alat Evaluasi IPA Terpadu Topik Perubahan Materi Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal, 4 (2). pp. 912-918. ISSN 2252-6617

[thumbnail of Pengembangan Alat Evaluasi Ipa Terpadu Topik Perubahan Materi Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa]
Preview
PDF (Pengembangan Alat Evaluasi Ipa Terpadu Topik Perubahan Materi Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa) - Published Version
Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Review_Pengembangan_Alat_Evaluasi_Ipa_Terpadu_Topik_Perubahan_Materi_Berbasis_Kontekstual_Untuk_Mengukur_Kemampuan_Berpikir_Kritis_Siswa.pdf]
Preview
PDF
Download (963kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Langkah awal pada penelitian ini dimulai dengan observasi. Berdasarkan hasil observasi, guru belum memiliki alat evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengembangkan alat evaluasi berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Desain penelititan ini adalah penelitian Research and Development dengan uji coba skala kecil pada kelas IX B, uji coba skala besar pada VIII C, dan uji pemakaian pada kelas VII F SMP Negeri 2 Boja. Data penelitian yang akan diambil adalah penilaian alat evaluasi oleh pakar, angket keterbacaan siswa dan guru, uji validitas, realibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal, tes kemampuan berpikir kritis siswa dan angket tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian alat evaluasi oleh pakar memperoleh rata-rata skor 3,63 dengan kriteria layak, tanggapan siswa memperoleh skor 90,56%, dan tanggapan guru sbesar 100% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan alat evaluasi memperoleh skor rata-rata 72,71% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi IPA terpadu topik perubahan materi berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berkir kritis siswa valid dan layak digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Material Changes, Critical Thinking
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Jul 2020 12:42
Last Modified: 26 Jul 2020 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37506

Actions (login required)

View Item View Item