UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOKAL PADA SISWA KELAS VII MELALUI METODE MEMBACA NOTASI ANGKA DI SMP NEGERI I GUNTUR DEMAK


YAHYA SENUNG BUDI SULISTIYAWAN, 2501907023 (2009) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOKAL PADA SISWA KELAS VII MELALUI METODE MEMBACA NOTASI ANGKA DI SMP NEGERI I GUNTUR DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOKAL PADA SISWA KELAS VII MELALUI METODE MEMBACA NOTASI ANGKA DI SMP NEGERI I GUNTUR DEMAK]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOKAL PADA SISWA KELAS VII MELALUI METODE MEMBACA NOTASI ANGKA DI SMP NEGERI I GUNTUR DEMAK) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMP Negeri I Guntur berdiri tahun 1983 di Desa Bogosari, Kecamatan Guntur, kabupaten Demak. Letaknya diapit oleh 4 desa yaitu ; sebelah selatan desa Pamongan, sebelah utara desa Guntur, sebelah timur desa Tlogoweru, dan sebelah barat adalah desa Temuroso. Sedangkan siswa SMP Negeri I Guntur berasal dari desa Bogosari, dan desa-desa sekitar yang berdekatan . Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa (1) apakah prestasi belajar siswa yang rendah, kemampuan belajar untuk membaca notasi kurang baik?, dan (2) apakah aktivitas belajar siswa yang kurang baik?. Penelitian dilaksanakan di kelas VII E SMP Negeri I Guntur Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun 2008/ 2009, dengan subyek penelitian 40 siswa yang terdiri dari 21 siswa putra dan 19 siswa putri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya khususnya kompetensi dasar ketrampilan dasar membaca notasi dan praktek vokal, dan (2) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran seni budaya khususnya kompetensi dasar ketrampilan dasar membaca notasi angka dan praktek vokal. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu pembelajaran dengan cara membaca notasi angka yang meliputi empat tahapan penelitian yaitu : (1) perencanaan, (2) implementasi, (3) observasi, (4) analisis dan refleksi. Keempat tahapan tersebut membentuk siklus. Desain penelitian yang diterapkan adalah desain penelitian menurut Hopkins. Penelitian ini bersifat kolaboratif, yaitu peneliti melibatkan guru seni budaya untuk melaksanakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian danalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan mendiskrisikan temuan data dan membandingkan dengan indicator kinerja yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, pembelajaran dengan upaya meningkatkan kemampuan vokal melalui pembelajaran membaca notasi angka pada siswa kelas VII E di SMP Negeri I Guntur kabupaten Demak tahun pelajaran 2008/2009. Terbukti ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 30 % pada kegiatan prasiklus menjadi 80 % pada kegiatan akhir siklus II. Kedua, dengan pembelajaran menggunakan metode membaca notasi angka dapat meningkatkan kemampuan dan aktivitas belajar siswa. Terbukti terjadi peningkatan skor aktivitas dari 2,15 atau kualifikasi kurang baik pada kegiatan prasiklus menjadi 3,36 atau kualifikasi baik pada kegiatan akhir siklus II.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Vokal, Membaca Notasi Angka
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 02:48
Last Modified: 25 Apr 2015 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item