PENGEMBANGAN MEDIA MOODBOARD PADA MATA KULIAH DESAIN BUSANA LANJUT PRODI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Nurul Khasanah , 5401413069 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MOODBOARD PADA MATA KULIAH DESAIN BUSANA LANJUT PRODI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA MOODBOARD PADA MATA KULIAH DESAIN BUSANA LANJUT PRODI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA MOODBOARD PADA MATA KULIAH DESAIN BUSANA LANJUT PRODI PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (745kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan universitas yang menyediakan program study S1 pendidikan Tata Busana. Mata kuliah Desain Busana Lanjut merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa yang mengambil Prodi Pendidikan Tata Busana. Proses pembelajaran desain diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa lebih mudah dalam menemukan sumber ide dalam pembuatan desain busana. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan media moodboard. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah yang sudah menempuh mata kuliah desain busana. Teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling sebesar 49 mahasiswa. Variabel tunggal yang tidak mempengaruhi ataupun dipengaruhi oleh variabel lain, yaitu kelayakan media moodboard. Metode pengumpulan data adalah angket. Hasil uji kelayakan dengan analisis deskriptif persentase. Hasil deskriptif persentase menunjukkan media moodboard sangat layak dengan persentase sebesar 87,81%. Simpulan penelitian yaitu: tingkat kelayakan pengembangan media moodboard diperoleh persentase sangat tinggi, sehingga media pembelajaran ini sudah layak untuk digunakan. Saran untuk penelitian selanjutnya: Aspek fungsi dan manfaat memiliki persentase terendah dibandingkan dengan indikator yang lain, sehingga untuk peneliti selanjutnya perlu memperhatikan lagi pembuatan media moodboard dari segi penggunaannya dan jumlah butir soal harus seimbang dengan aspek yang lain .Tampilan media moodboard dibuat lebih variatif lagi agar tidak hanya terbatas pada satu tema pada setiap gagasnya. Penelitian pengembangan ini hanya terbatas pada uji coba produk saja, untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti pengembangan media moodboard sampai ke tahap uji coba skala besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, Pengembangan, Media Pembelajaran, Moodboard, Desain Busana
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Jul 2020 13:20
Last Modified: 20 Jul 2020 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37462

Actions (login required)

View Item View Item