PERBEDAAN PENGARUH HASIL LATIHAN CARIOCA DAN CROSS BEHIND TERHADAP USHIRO MAWASHI GERI (Studi Pada Kohei Sawel Karate Team Weleri Tahun 2018)


Suto Wijoyo Wisnu Teguh Purnomo , 6211414021 (2018) PERBEDAAN PENGARUH HASIL LATIHAN CARIOCA DAN CROSS BEHIND TERHADAP USHIRO MAWASHI GERI (Studi Pada Kohei Sawel Karate Team Weleri Tahun 2018). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN PENGARUH HASIL LATIHAN CARIOCA DAN CROSS BEHIND TERHADAP USHIRO MAWASHI GERI (Studi Pada Kohei Sawel Karate Team Weleri Tahun 2018)]
Preview
PDF (PERBEDAAN PENGARUH HASIL LATIHAN CARIOCA DAN CROSS BEHIND TERHADAP USHIRO MAWASHI GERI (Studi Pada Kohei Sawel Karate Team Weleri Tahun 2018)) - Published Version
Download (582kB) | Preview

Abstract

Dalam olahraga Karate, Seorang Karateka harus mampu menguasai teknik dasar atau kihon. Teknik dasar atau kihon diantaranya kuda-kuda (Dachi), tangkisan (Uke), tendangan (Geri), pukulan (Tsuki) dan semua gerakan untuk melakukan jurus (Kata) dan pertarungan (Kumite). Dalam penelitian ini membahas tentang ketepatan teknik tendangan ushiro mawashi geri karateka Sawel Karate Team Weleri. Carioca dan Cross Behind adalah model latihan yang bertujuan untuk meningkatkan ketepatan teknik tendangan ushiro mawashi geri dalam olahraga karate. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbandingan pengaruh yang signifikan antara latihan Carioca dan Cross Behind terhadap ketepatan teknik tendangan ushiro mawashi geri karateka Sawel Karate Team Weleri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling Sedangkan metode pengumpulan data meliputi pengambilan data pengukuran tes ketepatan tendangan ushiro mawashi geri . Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan taraf signifikansi 5% dan banyaknya sampel pada eksperimen 10 yang terbagi menjadi dua kelompok eksperimen. Hasil perhitungan statistik menunjukan bahwa thitung = 0,946 dengan sig 0,398 < 0,05, maka tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil post-test pada kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara carioca dan cross behind dalam meningkatkan ketepatan teknik tendangan ushiro mawashi geri pada Karateka Sawel Karate Team Weleri. Simpulan dari penelitian ini yaitu latihan carioca sama baiknya dengan latihan cross behind dalam meningkatkan ketepatan teknik tendangan ushiro mawashi geri pada karateka Sawel Karate Team Weleri. Saran sebaiknya pelatih Sawel Karate Team Weleri menggunakan metode latihan ini untuk meningkatkan ketepatan teknik tendangan ushiro mawashi geri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karate; Ketepatan; Ushiro mawashi geri
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Jul 2020 15:29
Last Modified: 16 Jul 2020 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37381

Actions (login required)

View Item View Item