TES PEMANDUAN BAKAT ( SPORT SEARCH ) PADA SISWA SISWI LUAR BIASA SDLB KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018/2019


Bellia Pramudhita , 6211413141 (2019) TES PEMANDUAN BAKAT ( SPORT SEARCH ) PADA SISWA SISWI LUAR BIASA SDLB KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of TES PEMANDUAN BAKAT ( SPORT SEARCH ) PADA SISWA SISWI LUAR BIASA SDLB KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018/2019]
Preview
PDF (TES PEMANDUAN BAKAT ( SPORT SEARCH ) PADA SISWA SISWI LUAR BIASA SDLB KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018/2019) - Published Version
Download (766kB) | Preview

Abstract

Pemanduan bakat adalah suatu upaya yang dilakukan secara sistematik untuk mengidentifikasi seseorang yang perpotensi dalam olahraga, sehingga diperkirakan orang tersebut akan berhasil latihan dan dapat meraih prestasi puncak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahhui potensi keberbakatan siswa terhadap cabang olahraga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Dalam hal ini akan mendeskripsikan keberbakatan olahraga siswa SLB Manunggal Slawi Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi SDLB Manunggal Slawi. Sampel keseluruhan berjumlah 25 orang yang dibagi menjadi dua yakni : 7 Siswi dan 18 Siswa yang semua merupakan siswa siswi tunagrahida C Yayasan Keluarga Sejahtera SDLB B-C Kabupaten Tegal Tahun 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan pengukuran. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepuluh butir tes sport search oleh M. Furqon H. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 2 siswa yang diklasifikasikan Cukup Potensial dan 23 siswa diklasifikasikan Tidak Potensial. Kemampuan siswa dalam menangkap perintah dari luar juga mempengaruhi hasil yang diperoleh. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa tes pemanduan bakat (sport search) tidak cocok atau tidak efektif digunakan oleh anak penyandang tunagrahita hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami perintah atau instruksi yang diberikan oleh peneliti dan kurangnya kecepatan untuk merespon stimulus yang datang dari luar, sehingga hasil tes siswa kurang maksimal, hal itu disebabkan oleh retardasi mental atau keterbelakangan mental yang disandang oleh mereka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sport search, tunagrahita ringan, retardasi mental
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Jul 2020 15:18
Last Modified: 16 Jul 2020 15:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37374

Actions (login required)

View Item View Item