HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICCACY DENGAN PRESTASI ATLET TAEKWONDO WANITA DI PPLOP JAWA TENGAH TAHUN 2018


Ivandhersan Benedict Prasetyo , 6211413136 (2019) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICCACY DENGAN PRESTASI ATLET TAEKWONDO WANITA DI PPLOP JAWA TENGAH TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICCACY DENGAN PRESTASI ATLET TAEKWONDO WANITA DI PPLOP JAWA TENGAH TAHUN 2018]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICCACY DENGAN PRESTASI ATLET TAEKWONDO WANITA DI PPLOP JAWA TENGAH TAHUN 2018) - Published Version
Download (778kB) | Preview

Abstract

Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi atlet adalah faktor internal diantaranya Self Efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Self Efficacy atlet Taekwondo wanita terkait prestasi atlet dan faktor-faktor pendikung prestasi atlet PPLOP Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif adalah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) Pengisian Skala dan (3) dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 18 orang atlet taekwondo wanita PPLOP Jawa Tengah tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan atau korelasi antara self efficacy dan prestasi pada 18 atlet taekwondo wanita di PPLOP Jawa Tengah Tahun 2018 dengan nilai r hitung untuk hubungan Self Efficacy dengan prestasi sebesar 0,883 > r tabel 0,480. Maka hipotesis yang menyatakan adanya hubungan self efficacy dengan prestasi atlet wanita di PPLOP Jawa Tengah tahun 2018 diterima. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara self efficacy dengan prestasi yang diraih atlet taekwondo wanita di PPLOP Jawa Tengah tahun 2018. Semakin tinggi hasil skor kuisioner yang menunjukkan semakin baik self efficacy yang dimiliki maka prestasi yang diraih juga semakin baik. Saran dari peneliti adalah (1) pelatih mampu mengetahui psikologi atlet untuk menunjang self efficacy, (2) atlet dapat mengatur strategi tentang meningkatkan self efficacy untuk menunjang prestasi atlet taekwondo di PPLOP Jawa Tengah tahun 2018.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Prestasi Atlet, PPLOP Jawa Tengah
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Jul 2020 14:41
Last Modified: 16 Jul 2020 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37369

Actions (login required)

View Item View Item