PERBEDAAN RECOVERY ACTIVE DAN RECOVERY PASIVE PADA OLAHRAGA FUTSAL MALAM HARI TERHADAP KADAR ASAM LAKTAT PEMAIN IKATAN FUTSAL SEMARANG INDONESIA ( IFSI )


Yassir Maulana Ayyib Gandhi , 6211413052 (2019) PERBEDAAN RECOVERY ACTIVE DAN RECOVERY PASIVE PADA OLAHRAGA FUTSAL MALAM HARI TERHADAP KADAR ASAM LAKTAT PEMAIN IKATAN FUTSAL SEMARANG INDONESIA ( IFSI ). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBEDAAN RECOVERY ACTIVE DAN RECOVERY PASIVE PADA OLAHRAGA FUTSAL MALAM HARI TERHADAP KADAR ASAM LAKTAT PEMAIN IKATAN FUTSAL SEMARANG INDONESIA ( IFSI )]
Preview
PDF (PERBEDAAN RECOVERY ACTIVE DAN RECOVERY PASIVE PADA OLAHRAGA FUTSAL MALAM HARI TERHADAP KADAR ASAM LAKTAT PEMAIN IKATAN FUTSAL SEMARANG INDONESIA ( IFSI )) - Published Version
Download (969kB) | Preview

Abstract

Recovery merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sesaat setelah melakuan aktifitas olahraga. Tidak pernah dilakukannya recovery setelah bermain olahraga futsal, membuat peneliti ingin melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh pemberian recovery aktif dan recovery pasif pada futsal malam hari di pemain Klub Futsal IFSI Semarang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 3 September 2018 di Lapangan GOR Shima Futsal, Semarang. Jenis penelitian adalah Survey Test dengan metode Two Group’s Pre-test and Post-Test Design. Variabel penelitian yaitu variabel bebas: recovery aktif berupa berjalan dan recovery pasif berupa duduk, variabel terikat: kadar asam laktat. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain futsal IFSI Semarang. Sampel berjumlah 20 orang, dibagi menjadi dua kelompok yaitu recovery aktif dan recovery pasif yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent-Samples T Test. Hasil penelitian menunjukkan pemberian recovery aktif dan recovery pasif pada Klub Futsal IFSI Semarang dengan rata-rata penurunan kadar asam laktat sebesar 5,9 mmol/L (recovery aktif) atau 52,21 %, dan (recovery pasif) sebesar 3,1 mmol/L atau 30,77 % dengan nilai p = 0,000. Recovery aktif lebih cepat dibandingkan recovery pasif dalam menurunkan kadar asam laktat. Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan penurunan asam laktat yang signifikan antara pemberian recovery aktif dan recovery pasif pada pemain futsal IFSI Semarang. Saran penelitian ini adalah bagi pemain futsal IFSI Semarang, recovery pasif dapat digunakan sebagai program dalam menurunkan kadar asam setelah bermain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Recovery Aktif, Recovery Pasif, Kadar Asam Laktat
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Jul 2020 13:52
Last Modified: 16 Jul 2020 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37357

Actions (login required)

View Item View Item