KEMAMPUAN DAYA TAHAN ANAEROBIK DAN AEROBIK WANITA MENSTRUASI PONDOK PESANTREN DURROTU ASWAJA SEMARANG


Alfi Khasanah , 6211413042 (2019) KEMAMPUAN DAYA TAHAN ANAEROBIK DAN AEROBIK WANITA MENSTRUASI PONDOK PESANTREN DURROTU ASWAJA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN DAYA TAHAN ANAEROBIK DAN AEROBIK WANITA MENSTRUASI PONDOK PESANTREN DURROTU ASWAJA SEMARANG]
Preview
PDF (KEMAMPUAN DAYA TAHAN ANAEROBIK DAN AEROBIK WANITA MENSTRUASI PONDOK PESANTREN DURROTU ASWAJA SEMARANG) - Published Version
Download (537kB) | Preview

Abstract

Sebagian wanita beranggapan bahwa olahraga pada seorang wanita saat menstruasi sangat mengganggu dan membuat khawatir apabila olahraga dapat berdampak negatif pada menstruasi dan menstruasi akan berkepanjangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kemampuan daya tahan anaerobik dan daya tahan aerobik santriwati saat menstruasi dan tidak menstruasi. 2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan daya tahan anaerobik dan daya tahan aerobik santriwati saat menstruasi dan tidak menstruasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Pengolahan data Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan Running Anaerobic Sprint Test (RAST) untuk mengetahui daya tahan anaerobik dan Multistage Fitness Test (MFT) untuk mengetahui daya tahan aerobik. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian rerata indeks kelelahan kelompok (I) 1,02 ± 0,67; rerata kelompok (II) 0,99 ± 0,72; rerata volume oksigen maksimal kelompok (I) 22,06 ± 0,66; rerata kelompok (II) 22,11 ± 0,95. Tidak ada perbedaan yang bermakna indeks kelelahan dan volume oksigen maksimal saat sampel menstruasi dan tidak menstruasi. Simpulan penelitian: 1) Kemampuan daya tahan anaerobik santriwati pondok pesantren durrotu aswaja semarang termasuk dalam kategori sedang. 2) Kemampuan daya tahan aerobik santriwati pondok pesantren durrotu aswaja semarang termasuk dalam kategori rendah. Kemampuan daya tahan aerobik lebih rendah daripada kemampuan daya tahan anaerobik. Jadi aaat wanita menstruasi disarankan untuk melakukan olahraga daya tahan jenis anaerobik misalnya jalan kaki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menstruasi, Daya Tahan Anaerobik, Daya Tahan Aerobik
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 14 Jul 2020 18:40
Last Modified: 14 Jul 2020 18:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37299

Actions (login required)

View Item View Item