ANALISIS DESKRIPSI TENTANG KEGIATAN OLAHRAGA PADA MASYARAKAT DI STADION BUMI PHALA KOTA TEMANGGUNG


SUPADI WIBOWO BAGUS SEMBODO , 6211412081 (2019) ANALISIS DESKRIPSI TENTANG KEGIATAN OLAHRAGA PADA MASYARAKAT DI STADION BUMI PHALA KOTA TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS DESKRIPSI TENTANG KEGIATAN OLAHRAGA PADA MASYARAKAT DI STADION BUMI PHALA KOTA TEMANGGUNG]
Preview
PDF (ANALISIS DESKRIPSI TENTANG KEGIATAN OLAHRAGA PADA MASYARAKAT DI STADION BUMI PHALA KOTA TEMANGGUNG) - Published Version
Download (640kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Olahraga masyarakat sangat terdukung dengan adanya penambahan sarana dan prasana olahraga di stadion. Salah satu faktor pendukung berbagai kegiatan masyarakat di stadion untuk perkembangan olahraga di lingkungan sekitar. Sehingga menciptakan sumber daya masyarakat yang berkualitas Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dimana peneliti ingin mengetahui kegiatan olahraga masyarakat di Stadion Bumi Phala Kabupaten Temanggung. Hasil penelitian analisis deskripsi kegiatan olahraga masyarakat di Stadion Bumi Phala Kabupaten Temanggung dengan angka persentasi 66% laki-laki dan 34% perempuan. Untuk usia, sebanyak 58% responden pada usia 11-20 tahun, diikuti responden pada usia 21-30 tahun sebanyak 36%, selebihnya pada usia 31-40 tahun, 41-50 tahun dan 61-70 tahun masing-masing 2%. Profesi responden sebanyak 50% responden sebagai pelajar, diikuti oleh 20% sebagai wiraswasta, 16% karyawan, 6% tidak bekerja, 4% atlet dan lainnya sebagai PNS/TNI/POLRI, petani masing-masing 2%. Untuk frekuensi penggunaan stadion sebanyak 54% masyarakat berkunjung ke Stadion Bumi Phala minimal 1 minggu sekali, sebanyak 30% minimal 2 minggu sekali, 10% minimal 3 minggu sekali dan 6% berkunjung satu bulan sekali, cabang olahraga yang paling banyak di minati yaitu olahraga jogging hingga mencapai 32%, urutan berikutnya adalah jalan sehat mencapai 19%, sisanya skateboard (11%) dan sisanya memilih kegiatan renang, fitness, bersepeda, voly, silat, sepakbola, senam kebugaran, basket, futsal dan badminton. Meskipun demikian ada jenis olahraga yang tidak dilakukan seperti tenis dan sepatu roda. Simpulan dari penelitian ini Masyarakat di sekitar Stadion Bumi Phala aktif mengunjungi stadion untuk melakukan aktivitas olahraga yang memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada. Aktifitas olahraga yang dilakukan paling banyak adalah lari, joging, atau jalan sehat dan skateboard, karena mayoritas berasal dari golongan anak muda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Deskripsi, Stadion, Masyarakat, Kabupaten Temanggung.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 14 Jul 2020 14:51
Last Modified: 14 Jul 2020 15:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37289

Actions (login required)

View Item View Item