PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP UP MATERI KESEHATAN BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LUNDONG KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN


Aulia Nafsan Z , 6102415034 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP UP MATERI KESEHATAN BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LUNDONG KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP UP MATERI KESEHATAN BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LUNDONG KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP UP MATERI KESEHATAN BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LUNDONG KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Download (654kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran penting untuk membantu para siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi permasalahan yang muncul yaitu: 1) Model, metode, strategi, dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses mengajar para siswa kurang inovatif, 2) Proses pembelajaran yang berlangsung menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, sehingga proses pembelajaran tersebut terkesan klasik, 3) media yang digunakan masih terbatas. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode RND (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Metode kualitatif deskriptif yaitu perbandingan antara teori dan kenyataan yang disusun secara sistematis. data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, atau data kualitatif yang diangkakan (skoring). Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu produk media pembelajaran materi kesehatan berupa buku Pop Up bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penilaian dari ahli pendidikan kesehatan, ahli media pembelajaran, dan ahli pembelajaran penjasorkes produk buku pop up layak diuji cobakan dilapangan. Hasil pengambilan data lapangan di SD Negeri 1 Lundong, SD Negeri 2 Lundong, dan SD Negeri Kaliputih didapat rata-rata presentase pilihan jawaban keseluruhan sebesar 95,75%. Data yang didapat dikategorikan dalam kriteria sangat baik. Sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut pengembangan model pembelajaran materi kesehatan melalui media buku Pop Up dapat digunakan sebagai variasi model pembelajaran penjasorkes materi kesehatan dengan permasalahan yang dihadapi oleh guru penjas di sekolah dasar. Berdasarkan hasil pengembangan produk model pembelajaran dapat disimpulkan media Buku Pop Up dapat dan layak digunakan dalam pembelajaran kesehatan bagi siswa Sekolah Dasar. Maka dapat disarankan SD Negeri 1 Lundong, SD Negeri 2 Lundong, dan SD Negeri Kaliputih, guru dapat mengaplikasikan produk model pengembangan media Pop Up sehingga guru lebih kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model, Pembelajaran, Media, Pop Up
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Jul 2020 14:10
Last Modified: 10 Jul 2020 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37259

Actions (login required)

View Item View Item