MINAT DAN PARTISIPASI SISWA KELAS TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA SE-KABUPATEN TEGAL


AINNUN NISMAWATI , 6102415002 (2019) MINAT DAN PARTISIPASI SISWA KELAS TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA SE-KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MINAT DAN PARTISIPASI SISWA KELAS TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA SE-KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (MINAT DAN PARTISIPASI SISWA KELAS TINGGI DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA SE-KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memerlukan perlakuan khusus termasuk dalam pendidikan jasmaninya, yaitu pendidikan jasamani adaptif. Pembelajaran pendidikan jasamani adaptif tidak terlepas dari minat dan partisipasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran penjas. Minat dan partisipasi memegang peranan penting bagi proses belajar mengajar, agar terciptanya pembelajaran dengan hasil yang maksimal. Berdasarkan observasi awal siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran penjasorkes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan partisipasi siswa kelas tinggi terhadap pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar luar biasa se-Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian secara deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas tinggi Sekolah Dasar Luar Biasa se-Kabupaten Tegal bagian B, C, dan C1 yang berjumlah 150 siswa, teknik yang digunakan dalam menentukan sample adalah cluster sampling (36), yang terdiri dari 12 siswa bagian B, 12 siswa bagian C, dan 12 siswa bagian C1. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yaitu dengan cara wawancara, observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat siswa SDLB kelas tinggi bagian B (54%) yang termasuk dalam kategori cukup, minat siswa SDLB kelas tinggi bagian C (54,30%) termasuk dalam kategori cukup, dan minat siswa SDLB kelas tinggi bagian C1 (46,45%) termasuk dalam kategori cukup. Kemudian hasil penelitian partisipasi siswa SDLB kelas tinggi bagian B (64,97%) yang termasuk dalam kategori baik, partisipasi siswa SDLB kelas tinggi bagian C (68,26%) termasuk dalam kategori baik, dan partisipasi siswa SDLB kelas tinggi bagian C1 (62,19%) termasuk dalam kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa minat siswa kelas tinggi Sekolah dasar luar biasa se-kabupaten tegal dalam kategori cukup, dikarenakan pemberian materi saat pembelajaran yang kurang menarik, dan partisipasi siswa baik karena siswa dilatih disiplin sesuai dengan peraturan sekolah yang membuat kehadiran dan persiapan siswa baik dalam pembelajaran.Saran, memperkaya permainan yang inovatif agar pembelajaran menarik diharapkan dapat meningkatkan minat siswa, dan membuat kelas khusus bagi siswa autis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Partisipasi, Sekolah Luar Biasa
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Jul 2020 17:28
Last Modified: 06 Jul 2020 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37223

Actions (login required)

View Item View Item