MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN DAN OLAHRAGA UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU DI SDLB NEGERI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018


ARIF ARIYANTO , 6102414043 (2019) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN DAN OLAHRAGA UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU DI SDLB NEGERI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN DAN OLAHRAGA UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU DI SDLB NEGERI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN DAN OLAHRAGA UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU DI SDLB NEGERI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2018) - Accepted Version
Download (788kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Olahraga merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Namun pada kenyataannya masih banyak anggapan bahwa, anak berkebutuhan khusus tidak mungkin dapat melakukan kegiatan olahraga. Masih banyak masyarakat di Indonesia menganggap bahwa kecacatan dipandang secara negatif. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Model Pengembangan Permainan dan Olahraga pada Siswa Bagaimana Model Pengembangan Permainan dan Olahraga pada Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SDLB Negeri Kabupaten Semarang tahun 2018”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan model permainan yang kreatif, inovatif pada siswa berkebutuhan khusus tunarungu di SDLB Negeri Kabupaten Semarang tahun 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan merupakan jenis penelitian yang berorientasi pada produk, dan diharapkan dapat menjembatani kesenjangan penelitian yang lebih banyak menguji teori ke arah menghasilkan produk-produk yang langsung dapat digunakan untuk pengguna. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Analisis kebutuhan dilakukan dengan observasi di SDLBN Kabupaten Semarang dengan cara melakukan wawancara kepada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang bersangkutan dan pengamatan langsung mengenai sarana dan prasarana yang tersedia. Produk yang dikembangkan berdasarkan kajian teori yang dievalausi oleh satu ahli pendidikan jasmani dan satu ahli pembelajaran. Hasil kesimpulan dari model pengembangan permainan dan olahraga dapat digunakan untuk pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus SDLB Negeri Kabupaten Semarang meliputi Permainan Sepak Bola Mini, Bola Basket Mini, Atletik Sederhana (berlari, melompat dan melempar) dan Rounders sederhana. Dalam pengembangan permainan dan olahraga tersebut diatas sarana dan prasarana yang digunakan sangat sederhana, tidak terlalu mahal dan mudah didapat sehingga permainan ini dapat diterima dan dinyatakan layak digunakan. Aturan yang diterapkan juga tergolong sederhana sehingga siswa dapat memahami cara bermain sepak bola mini, basket sederhana, atletik sederhana, dan rounders sederhana dengan mudah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Olahraga, Permainan, Anak Berkebutuhan Khusus, Tuna Rungu
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Jul 2020 17:17
Last Modified: 06 Jul 2020 17:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37218

Actions (login required)

View Item View Item