SURVEI PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAKTAKRAW PADA USIA PELAJAR DI KLUB SOERAHMAN WONOGIRI TAHUN 2018


Ilham Anggoro Seno , 6102414035 (2019) SURVEI PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAKTAKRAW PADA USIA PELAJAR DI KLUB SOERAHMAN WONOGIRI TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAKTAKRAW PADA USIA PELAJAR DI KLUB SOERAHMAN WONOGIRI TAHUN 2018]
Preview
PDF (SURVEI PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAKTAKRAW PADA USIA PELAJAR DI KLUB SOERAHMAN WONOGIRI TAHUN 2018) - Published Version
Download (995kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan berdasarkan fenomena yang peneliti temukan di lapangan bahwa terdapat penurunan prestasi atlet sepak takraw usia pelajar di Klub Soerahman Wonogiri mengalami penurunan dari tahun ke tahun dan belum stabil dalam pencapaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pembinaan prestasi sepak takraw usia pelajar di Klub Soerahman Kabupaten Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan survey. Latar dalam penelitian ini adalah atlet sepak takraw usia pelajar Klub Soerahman Wonogiri. Obyek dari penelitian ini adalah segala aspek - aspek yang berkaitan dengan pembinaan prestasi sepak takraw usia pelajar di Klub Soerahman Wonogiri. Subyek penelitian terdiri dari pengurus, pelatih, dan atlet Klub Soerahman Wonogiri. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi berada pada kategori baik, program latihan berada pada kategori sedang, recruitment pelatih berada pada kategori baik, recruitment atlet berada pada kategori sedang, sarana dan prasarana berada pada kategori kurang, prestasi berada pada kategori sedang, dan penyebab penurunan prestasi yaitu faktor internal dari diri atlet, motivasi, dan pengaruh teman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembinaan prestasi olahraga sepaktakraw pada usia pelajar di Klub Soerahman Wonogiri berada pada kategori baik. Saran kepada Klub Soerahman Wonogiri untuk lebih aktif dalam mengelola klub agar leboih diperhatikan pemerintah, kepada pelatih untuk lebih tegas dan disiplin terhadap para atlet, kepada atlet agar tetap rajin dalam berlatih, menambah jadwal latihan dan jadwal pertandingan uji coba dengan tim lainnya, dan pembenahan serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembinaan, prestasi, atlet sepak takraw usia dini, Klub Soerahman Wonogiri
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Jul 2020 14:56
Last Modified: 06 Jul 2020 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37216

Actions (login required)

View Item View Item