MODEL LEVEL GAME UNTUK MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR SISWA TUNARUNGU KELAS BAWAH DI SLB WIDYA BHAKTI SEMARANG TAHUN 2019


Kukuh Mahardika Utama , 6102412058 (2019) MODEL LEVEL GAME UNTUK MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR SISWA TUNARUNGU KELAS BAWAH DI SLB WIDYA BHAKTI SEMARANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MODEL LEVEL GAME UNTUK MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR SISWA TUNARUNGU KELAS BAWAH DI SLB WIDYA BHAKTI SEMARANG TAHUN 2019]
Preview
PDF (MODEL LEVEL GAME UNTUK MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR SISWA TUNARUNGU KELAS BAWAH DI SLB WIDYA BHAKTI SEMARANG TAHUN 2019) - Published Version
Download (893kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) dirasa kurang efektif untuk melakukan kegiatan latihan karena dengan diterapkannya kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013 waktu kegiatan pembelajaran menjadi terbatas dikarenakan waktu untuk kegiatan pembelajaran menjadi sangat singkat dan terbatas. Tujuan Penelitian ini adalah Menghasilkan produk model Level Game yang dapat meningkatkan efektifitas gerak keterampilan lokomotor pada kegiatan pembelajaran jalan, lari, lompat, dan loncat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, adapun prosedur pengembangan produk yaitu, 1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan yang diperoleh dari hasil kajian pustaka, observasi dan wawancara, 2) mengembangkan draf produk awal, 3) validasi ahli (ahli perkembangan gerak dan ahli penjas adaptif), 4) perbaikan draf produk awal, 5) uji coba skala kecil (3 siswa SLB sekolah dasar), 6) revisi prosuk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, 7) uji coba lapangan (9 siswa SLB sekolah dasar), 8) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan uji coba lapangan, 9) hasil akhir berupa model Level Game untuk meningkatkan gerak lokomotor siswa tunarungu di SLB Widya Bhakti Semarang. Dari penelitian ini diperoleh data evaluasi ahli perkembangan gerak dan ahli penjas adaptif serta ahli pembelajaran adaptif memiliki presentase sebesar 74,9% dan memenuhi keriteria “Baik”. Sedangkan data uji coba skala kecil diperoleh persentase sebesar 63,89% dan uji coba lapangan sebesar 93,06%, sehingga memenuhi kriteria “Baik”. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Level Game dapat digunakan untuk meningkatkan gerak lokomotor siswa tunarungu di SLB Widya Bhakti Semarang. Saran bagi guru penjas adaptif khususnya dalam pembelajaran gerak lokomotor dapat menggunakan model Level Game sebagai alternatif dalam menjalankan kegiatan pembelajaran khususnya untuk materi jalan, lari, lompat, dan loncat pada anak-anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model, Level Game, Gerak Lokomotor, Siswa Tunarungu
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Jul 2020 14:16
Last Modified: 06 Jul 2020 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37210

Actions (login required)

View Item View Item