KUALITAS TAS LAPTOP MENGGUNAKAN LIMBAH KAIN PERCA SATIN VELVET DENGAN TEKNIK PATCHWORK DAN HIASAN BORDIR


Rima Intan Lusia , 5401413025 (2019) KUALITAS TAS LAPTOP MENGGUNAKAN LIMBAH KAIN PERCA SATIN VELVET DENGAN TEKNIK PATCHWORK DAN HIASAN BORDIR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KUALITAS TAS LAPTOP MENGGUNAKAN LIMBAH KAIN PERCA SATIN VELVET DENGAN TEKNIK PATCHWORK DAN HIASAN BORDIR]
Preview
PDF (KUALITAS TAS LAPTOP MENGGUNAKAN LIMBAH KAIN PERCA SATIN VELVET DENGAN TEKNIK PATCHWORK DAN HIASAN BORDIR) - Published Version
Download (895kB) | Preview

Abstract

Limbah kain perca dari lima konfeksi rumahan di Kecamatan Reban Kabupaten Batang dikelola menjadi produk aksesoris, keset dan taplak meja. Limbah kain perca merukapan sampah yang masih dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali (recyle). Dalam penelitian ini limbah kain perca satin velvet akan dikelola menjadi produk tas laptop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tas laptop menggunakan limbah kain perca satin velvet dengan teknik patchwotk dan hiasan bordir. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah kain perca satin velvet. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Instrumen yang digunakan yaitu check list. Uji validitas menggunakan statistik Aiken’s. Uji reliabilitas menggunakan realiabilitas hasil rating. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan/observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Pada hasil penilaian kualitas tas laptop menggunakan limbah kain perca dengan hiasan bordir setelah dibandingkan dengan tabel (interval kelas persentase untuk Menguji Kualitas Tas Laptop) dihasilkan bahwa penilaian pada produk tas model 1 mendapatkan kriteria tinggi yaitu 87,87%. Produk tas model 2 mendapatkan kriteria tertinggi yaitu 90,90%. Dilihat dari keseluruhan aspek yang dinilai, maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhannya memiliki persentase yang sangat tinggi yaitu 89,38%, sehingga produk tas laptop menggunakan limbah kain perca dengan hiasan bordir dinyatakan memiliki kualitas yang sangat baik. Saran Indikator dimensi prestasi/kinerja (performance) yang memiliki hasil terendah yaitu bahan utama (satin velvet), bahan utama dapat dikombinasikan dengan limbah perca yang lainnya. Dimensi kecocokan (conformance) yang memiliki hasil terendah yaitu motif bordir. Dalam penitian ini menggunakan motif bordir alami dan geometris, sehingga peneliti selanjutnya dapat mengkreasikan variasi motif atau menggunakan motif yang lain yaitu abstrak dan dekoratif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Tas laptop, Kain perca satin velvet, Patchwork, Bordir
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Jul 2020 13:29
Last Modified: 06 Jul 2020 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37205

Actions (login required)

View Item View Item