GERAK DASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNALARAS SEKOLAH DASAR DI SLB-E BHINA PUTERA SURAKARTA TAHUN 2017


Restu Pandu Wardana , 6102412033 (2019) GERAK DASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNALARAS SEKOLAH DASAR DI SLB-E BHINA PUTERA SURAKARTA TAHUN 2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of GERAK DASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNALARAS SEKOLAH DASAR DI SLB-E BHINA PUTERA SURAKARTA TAHUN 2017]
Preview
PDF (GERAK DASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNALARAS SEKOLAH DASAR DI SLB-E BHINA PUTERA SURAKARTA TAHUN 2017) - Published Version
Download (849kB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani bagi anak berkebutuhan khusus sangatlah penting, walaupun demikian program yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan hambatan anak berkebutuhan khusus itu sendiri agar hasilnya dapat optimal. Apabila program pembelajaran yang diberikan oleh guru tidak berorientasi kepada kebutuhan dan hambatan anak berkebutuhan khusus di khawatirkan perkembangan fisik anak berkebutuhan khusus tidak berkembang dengan baik dan bahkan bisa saja menjadi masalah baru baginya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana gerak dasar anak berkebutuhan khusus tunalaras dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani yang ada di SLB-E Bhina Putera Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui gerak dasar anak tunalaras dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB-E Bhina Putera Surakarta pada tahun 2017. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis survei. Penelitian survei adalah penelitian yang benar-benar hanya memaparkan apa yang terdapat atau terjadi dalam sebuah kancah, lapangan, atau wilayah tertentu. Data yang terkumpul diklasifikasikan atau dikelompokkan menurut jenis, sifat, atau kondisinya. Sesudah datanya lengkap kemudian dibuat kesimpulan Populasi dan sampel pada penelitian ini sama yaitu 36 siswa Sekolah Dasar. Dengan menggunakan instrumen tes praktek untuk tes shuttle run 4x10 meter, tes lempar tangkap, tes stork stand positional balance, dan tes lari cepat. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey teknik tes dan pengukuran. Analisi menggunakan deskriptif presentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan gerak dasar anak berkebutuhan khusus Tunalaras SD di SLB-E Bhina Putera Surakarta meliputi kemampuan gerak lokomotor, manipulatif dan non-lokomotor. Kemampuan gerak lokomotor melalui tes kelincahan berupa shuttle run sebanyak 29 (51%) dalam kategori kurang dan tes kecepatan lari cepat 30 meter dalam kategori kurang sebanyak 25 (44%) siswa. Kemampuan gerak manipulatif melalui tes koordinasi mata dan tangan dengan lempar tangkap bola 1 meter sebanyak 35 (61%) siswa dalam kategori kurang. Kemampuan gerak non-lokomotor melalui tes keseimbangan berupa stork stand positional balance sebanyak 36 (63%) dalam kategori kurang. Kesimpulan penelitian yaitu kemampuan gerak dasar anak berkebutuhan khusus Tunalaras SD di SLB-E Bhina Putera Surakarta termasuk dalam kategori kurang baik pada gerak lokomotor, manipulatif maupun nonlokomotor. Saran peneliti adalah pihak sekolah hendaknya meningkatkan kualitas olahraga siswa dan meningkatkan kualitas guru olahraga melalui pelatihan yang khusus dan guru olahraga hendaknya memberikan latihan yang terprogram dan terencana baik, walaupun dengan intensitas yang rendah mengingat para siswa termasuk siswa yang istimewa. Serta siswa diharapkan semangat dalam berolahraga dengan meningkatkan kinerja guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam gerak dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak Dasar, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Jul 2020 13:28
Last Modified: 06 Jul 2020 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37203

Actions (login required)

View Item View Item