PENGEMBANGAN JOB SHEET MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA PADA SISWA SMA LUAR BIASA NEGERI SEMARANG


Tara Eva Kusumarisa , 5401413018 (2019) PENGEMBANGAN JOB SHEET MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA PADA SISWA SMA LUAR BIASA NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN JOB SHEET MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA PADA SISWA SMA LUAR BIASA NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN JOB SHEET MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA PADA SISWA SMA LUAR BIASA NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (723kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah salah satu cara untuk membentuk SDM yang unggul, sekarang ini pendidikan sudah dapat diakses oleh siapa pun, pemerintah juga telah memberikan kemudahan dengan adanya pendidikan luar biasa (PLB) bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Sekolah Luar Biasa mempersiapkan ABK untuk mampu hidup mandiri dengan pendidikan keterampilan. Permasalahan yang ditemukan pada kegiatan belajar mengajar adalah siswa selalu dibantu dan dianggap tidak mampu,menjadikan kurang mandiri dalam menyelesaikan tugasnya. Berangkat dari masalah tersebut adapun solusinya dengan diberi media yang mampu memotivasi anak untuk belajar mandiri. Salah satunya menggunakan job sheet pada pelajaran praktik materi Membuat Hiasan Busana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan job sheet dan kelayakan job sheet pada materiMembuat Hiasan Busana, siswa tunarungu SMALB Negeri Semarang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Menggunakan variabel tunggal yaitu kelayakan job sheet sebagai media pembelajaran cetak yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket penilaian oleh penilai ahli (Judgements expert). Analisis data menggunakan rumus hasil persentase. Hasil penelitian menunjukkan pembuatan pengembangan job sheet diperoleh nilaipada aspek media sebesar 91,66 % dan pada aspek materi sebesar 90,27% yang keduanya masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Simpulan penelitian yaitu: ada 10 langkah dalam penelitian R&D, dalam penelitian ini hanya sampai pada langkah ke 5 saja. Kelayakan job sheet materi sulaman aplikasi untuk siswa tunarungu SMALB N Semarang diperoleh persentase sangat tinggi, sehingga media cetak ini sudah layak digunakan. Saran untuk penelitian selanjutnya akan lebih baik apabila media diuji coba pada kelas kecil untuk diketahui tingkat keefektifannya dalam membantu siswa tunarungu belajar mandiri, serta perlunya pengembangan materi dan media pelajaran lainnya untuk memperkaya pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Job Sheet, Sulaman Aplikasi, Siswa Tunarungu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Jul 2020 12:49
Last Modified: 06 Jul 2020 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37199

Actions (login required)

View Item View Item