No Smoking Handout Berbasis Studi Kasus sebagai Sumber Belajar Sistem Respirasi Berwawasan Konservasi


Lisdiana, - and Siti Alimah, Mipa Biologi and Supriyanto, - and Windy Oktaviani, - (2016) No Smoking Handout Berbasis Studi Kasus sebagai Sumber Belajar Sistem Respirasi Berwawasan Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 5 (1). pp. 43-50. ISSN 2252-9195

[thumbnail of No Smoking Handout Berbasis Studi Kasus sebagai Sumber Belajar Sistem  Respirasi Berwawasan Konservasi ]
Preview
PDF (No Smoking Handout Berbasis Studi Kasus sebagai Sumber Belajar Sistem Respirasi Berwawasan Konservasi ) - Published Version
Download (614kB) | Preview
[thumbnail of Review_No_Smoking_Handout_Berbasis_Studi_Kasus_sebagai_Sumber_Belajar_Sistem__Respirasi_Berwawasan_Konservasi.pdf]
Preview
PDF
Download (755kB) | Preview
[thumbnail of Uji Turnitin] PDF (Uji Turnitin)
Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran sumber belajar dapat disajikan dalam berbagai bentuk media. Handout merupakan salah satu sumber belajar yang berisi materi-materi yang bersifat kontekstual seperti bahaya merokok. Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas dan kelayakan No Smoking Handout sebagai sumber belajar berwawasan konservasi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti sepuluh langkah yang disusun oleh Sugiyono yakni Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi desain, implementasi dalam pembelajaran, revisi, dan pencetakan produk akhir. Validitas No Smoking Handout dianalisis dengan menggunakan instrumen BSNP. Uji terbatas pada 15 siswa kelas XII dan implementasi handout pada pembelajaran dilakukan di kelas XI MAN Pemalang, kelayakan No Smoking Handout dilihat dari peningkatan hasil kognitif siswa dengan desain pengambilan one-group pre-test and post-test design. Hasil penelitian validitas handout 80,7% dengan kriteria valid. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas XI MIA 1 sebesar 0,63 dan kelas XI MIA 2 sebesar 0,59, keduanya dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah No Smoking Handout merupakan sumber belajar yang valid dan layak digunakan se-bagai sumber belajar yang berwawasan konservasi pada pembelajaran sistem respirasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: merokok, sumber belajar, sistem respirasi, konservasi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Jul 2020 14:24
Last Modified: 06 Dec 2022 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37190

Actions (login required)

View Item View Item