Analisis hambatan guru Biologi kelas X dalam imple-mentasi standar proses dan standar penilaian kurikulum 2013


Candra Widyasmoro, - and Siti Alimah, Mipa Biologi (2015) Analisis hambatan guru Biologi kelas X dalam imple-mentasi standar proses dan standar penilaian kurikulum 2013. Unnes Journal of Biology Education, 4 (2). pp. 156-165. ISSN 2252-6579

[thumbnail of Analisis hambatan guru Biologi kelas X dalam imple-mentasi standar proses dan standar penilaian kurikulum 2013]
Preview
PDF (Analisis hambatan guru Biologi kelas X dalam imple-mentasi standar proses dan standar penilaian kurikulum 2013) - Published Version
Download (387kB) | Preview
[thumbnail of Review_Analisis_hambatan_guru_Biologi_kelas_X_dalam_imple-mentasi_standar_proses_dan_standar_penilaian_kurikulum_2013.pdf]
Preview
PDF
Download (774kB) | Preview

Abstract

Standar Proses meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran. Standar Penilaian meliputi penilaian otentik yang mengukur ranah kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan guru Biologi kelas X di SMA Negeri se Kabupaten Semarang dalam implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Berdasarkan observasi awal ditemukan fakta bahwa Guru Biologi Kelas X mengalami hambatan. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dimana objek dan sumber data yang dipelajari diambil dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah guru Biologi kelas X, aktivitas yang diamati adalah proses pembelajaran, dokumen Silabus dan RPP digunakan sebagai data pelengkap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis dekskriptif presentase digunakan untuk menganalisis data hasil kuesioner, data hasil wawancara dan observasi dianalisis secara kualitatif, data hasil dokumentasi sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan gambaran umum hambatan guru Biologi kelas X dalam perencanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 24,09% termasuk dalam kategori hambatan rendah, dalam pelaksanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 22,92% termasuk dalam kategori hambatan rendah, dan dalam penilaian proses dan hasil pembelajaran rata-rata sebesar 22,25% termasuk dalam kategori hambatan rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: obstruction, biology teacher, implementation, standar proses, standar penilaian, kurikulum 2013
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Jul 2020 14:02
Last Modified: 05 Jul 2020 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37187

Actions (login required)

View Item View Item