Studi Korelasi antara regulasi emosi dan minat belajar dengan prestasi belajar Biologi di SMA
Burhannudin Arfani, - and Siti Alimah, Mipa Biologi (2015) Studi Korelasi antara regulasi emosi dan minat belajar dengan prestasi belajar Biologi di SMA. Unnes Journal of Biology Education, 4 (1). pp. 81-89. ISSN 2252-6579
Preview |
PDF (Studi Korelasi antara regulasi emosi dan minat belajar dengan prestasi belajar Biologi di SMA)
- Published Version
Download (382kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (810kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara regulasi emosi dan minat belajar dengan prestasi belajar biologi siswa. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Muntilan Kabupaten Magelang pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA sebanyak 154 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 82 siswa, diambil melalui simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (skala regulasi emosi dan skala minat belajar) dan dokumentasi (nilai ujian tengah semester biologi). Data dianalisis dengan analisis korelasi parsial dilanjutkan dengan regresi berganda.Hasil koefisien determinasi penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif berkriteria sedang dengan besaran 53,1% antara regulasi emosi dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar biologi siswa. Dengan demikian pernyataan tersebut menunjukkan bahwa regulasi emosi dan minat belajar berperan terhadap prestasi belajar biologi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | emotional regulation, interest, and learning achievement |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 05 Jul 2020 13:56 |
Last Modified: | 05 Jul 2020 13:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37186 |
Actions (login required)
View Item |