Analisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar Biologi di SMA


Syaiful Ishlahul Umam, - and AriYuniastuti, - and Siti Alimah, Mipa Biologi Analisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar Biologi di SMA. Journal of Biology Education, 6 (3). pp. 274-285. ISSN 2252-6579

[thumbnail of Analisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar Biologi di SMA]
Preview
PDF (Analisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar Biologi di SMA) - Published Version
Download (612kB) | Preview
[thumbnail of Review_Analisis_minat_keikutsertaan_siswa_dalam_bimbingan_belajar_dan_implikasinya_pada_hasil_belajar_Biologi_di_SMA.pdf]
Preview
PDF
Download (825kB) | Preview

Abstract

Minat menentukan perolehan hasil. Minat belajar tinggi dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan implikasinya pada hasil belajar biologi di SMAN 1 Semarang. Metodologi penelitian menggunakan mixmethods dengan strategi eksploratoris sekuensial (sequential exploratory). Pelaksanaan penelitian dilakukan di lapangan menggunakan empat metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Data diperoleh berupa deskripsi minat siswa dan skor minat siswa.Selanjutnya dibandingkan dengan hasil ujian akhir sekolah siswa. Data-data dianalisi dengan korelasi, regresi dan t-test kemudian dinarasikan. Hasil penelitian menunjukkan 70% siswa berminat untuk mengikuti bimbingan belajar dan berdasarkan analisis regresi linear terdapat pengaruh minat keikutsertaan siswa terhadap hasil belajar biologi denganR2= 0,87 (α=0.003). Analisis korelasi product moment Pearson diperoleh nilai koefisien 0,295 dengan signifikansi 0,003 menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara minat dengan hasil belajar biologi. Berdasarkan uji independent t-test menunjukkan thitung= 5.12 ≥ ttabel= 2.32 (α= 0.00; n=100). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sebagian siswa berminat untuk mengikuti bimbingan belajar biologi. Minat siswa dengan hasil belajar mempunyai hubungan positif dengan kriteria rendah serta mempengaruhi hasil belajar biologi. Terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang ikuti bimbingan belajar dan tidak ikut bimbingan belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Impact of cigarette, inquiry, student worksheet
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Jul 2020 13:16
Last Modified: 05 Jul 2020 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37180

Actions (login required)

View Item View Item