SURVEI KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DAN V DI SLB NEGERI UNGARAN


Yoga Aditama , 6102412036 (2019) SURVEI KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DAN V DI SLB NEGERI UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DAN V DI SLB NEGERI UNGARAN]
Preview
PDF (SURVEI KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DAN V DI SLB NEGERI UNGARAN) - Published Version
Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan yang dilakukan di salah satu SLB Negeri Ungaran, peneliti menemukan sebagian besar siswa masih gagal saat berjalan diatas balok titian. Selain itu setelah dilakukan tes kemampuan gerak dasar di SLB tersebut, hasilnya adalah sedang, dengan rincian 0% (0 siswa) berkategori sangat tinggi, 18,42% (7 siswa) berkategori tinggi, 68,42% (26 siswa) berkategori sedang, 13,16% (5 siswa) berkategori rendah dan 0% (0 siswa) berkategori sangat rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan gerak dasar siswa kelas IV dan V SLB Negeri Ungaran? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan gerak dasar Anak Berkebutuhan Khusus kelas IV dan V SLB Negeri Ungaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Lokasi penelitian yaitu SLB Negeri Ungaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SLB Negeri Ungaran. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa anak berkebutuhan khusus kelas IV dan V SLB Negeri Ungaran, dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan gerak dasar. Instrumen penelitian menggunakan Tes motor ability. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat gerak dasar siswa anak berkebutuhan khusus kelas IV dan V SLB Negeri Ungaran termasuk dalam kategori sedang, dengan rincian sebagai berikut: Kemampuan Gerak Dasar Siswa Anak Berkebutuhan Khusus kelas IV dan V SLB Negeri Ungaran sebesar 0% (0 siswa) Sangat Tinggi, 18,42% (7 siswa) Tinggi, 68,42% (26 siswa) Sedang, 13,16% (5 siswa) Rendah, dan 0% (0 siswa) Sangat Rendah. Kemampuan Gerak Dasar Anak Berkebutuhan Khusus kelas IV SLB Negeri Ungaran sebesar 0,00% (0 siswa) Sangat Tinggi, 23,08% (3 siswa) Tinggi, 61,54% (8 siswa) Sedang, 15,38% (2 siswa) Rendah, dan 0,00% (0 siswa) Sangat Rendah. Kemampuan Gerak Dasar Anak Berkebutuhan Khusus kelas V SLB Negeri Ungaran sebesar 0,00% (0 siswa) Sangat Tinggi, 16,00% (4 siswa) Tinggi, 72,00% (18 siswa) Sedang, 12,00% (3 siswa) Rendah, dan 0,00% (0 siswa) Sangat Rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Gerak Dasar Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Kelas IV dan V SLB Negeri Ungaran secara keseluruhan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dimungkinkan karena adanya aktivitas fisik ataupun olahraga serta aktivitas sehari-hari yang melibatkan fungsi anatomi dan fisiologis tubuh yang dilakukan. Saran bagi guru di SLB Negeri Ungaran agar lebih meningkatkan kemampuan gerak dan memberikan pembinaan bagi siswa agar siswa memiliki kemampuan gerak dasar dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Gerak Dasar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 06 Jul 2020 13:38
Last Modified: 06 Jul 2020 13:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37162

Actions (login required)

View Item View Item