SURVEI PENERAPAN MODEL - MODEL DAN MODIFIKASI PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SD NEGERI DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Deni M. Sarifudin , 6102412026 (2019) SURVEI PENERAPAN MODEL - MODEL DAN MODIFIKASI PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SD NEGERI DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI PENERAPAN MODEL - MODEL DAN MODIFIKASI PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SD NEGERI DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (SURVEI PENERAPAN MODEL - MODEL DAN MODIFIKASI PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SD NEGERI DI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG) - Published Version
Download (830kB) | Preview

Abstract

Permainan modifikasi dalam pembelajaran Penjas menjadi sebuah permainan yang menarik bagi siswa dilakukan dengan cara melakukan penyederhanaan dan penyesuaian dengan karakteristik usia anak sekolah dasar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model-model pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 2019; dan (2) Bagaimana penerapan modifikasi permainan pada pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah SD Negeri di Kecamatan Gunungpati Semarang yang meliputi SD Sadeng 02, SD Pakintelan 02, SD Gunungpati 3 dan SD Kalisegoro. Populasi penelitian ini adalah seluruh SD Negeri di Kecamatan Gunungpati yang berjumlah 33 sekolah diambil dengan cluster random sampling hingga ketemu 4 SD yang menjadi lokasi penelitian yaitu SD Sadeng 02, SD Pakintelan 02, SD Gunungpati 3 dan SD Kalisegoro. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verifyng). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran yang diterapkan pada SD Negeri di Kecamatan Gunungpati berupa model pembelajaran kooperatif, inkuiri dan direct learning yang dalam penerapannya sama seperti proses pembelajaran pada umumnya sebagaimana ditentukan dalam kurikulum 2013 yaitu meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; dan (2) penerapan modifikasi permainan pada pembelajaran penjasorkes Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dilakukan dengan memodifikasi peralatan, lapangan dan peraturan permainan. SD Pakintelan 02 telah menerapkan modifikasi peralatan, lapangan dan peraturan permainan sedangkan SD Sadeng 02, SD Gunungpati 03 dan SD Kalisegoro hanya melakukan modifikasi pada peralatan dan lapangan. Simpulan penelitian ini yaitu hendaknya guru penjasorkes mampu mengembangkan kreatifitas dan inovasinya untuk menciptakan model-model pembelajaran yang menyenangkan dan tetap berpedoman pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai sesuai kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei Model Pembelajaran, Modifikasi Permainan, Penjasorkes
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jul 2020 14:50
Last Modified: 03 Jul 2020 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37160

Actions (login required)

View Item View Item