MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BASTING BOLABASKET RING BERTINGKAT UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Yosa Sudi Yatmono , 6102412020 (2019) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BASTING BOLABASKET RING BERTINGKAT UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BASTING BOLABASKET RING BERTINGKAT UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BASTING BOLABASKET RING BERTINGKAT UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (826kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Model Pengembangan Permainan “Basting” Bolabasket Ring Bertingkat Untuk Pembelajaran Penjasorkes Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk atau model pembelajaran Penjasorkes untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah pengembangan berbasis penelitian (research and development) metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut dengan urutan (1) Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, Termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Mengembangkan bentuk produk awal berupa peraturan pembelajaran Permainan “Basting” Bolabasket Ring Bertingkat. (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba skala kelompok skala kecil, dengan menggunakan kuisioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis. (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil, revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat untuk peneliti. (5) Uji coba lapangan kecil. (6) Revisi produk akhir yang digunakan berdasarkan hasil uji lapangan. (7) Hasil akhir Model Pengembangan Permainan “Basting” Bolabasket Ring Bertingkat Untuk Pembelajaran Penjasorkes Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner dan observasi yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa setelah menggunakan produk. Hasil penelitian (1) aspek kognitif 85,5% (2) aspek afektif 96,1% (3) aspek psikomotorik 85,8% dengan rata-rata 89,1%. Oleh karena itu dapat diketahui bahwa keseluruhan model pengembangan permainan “Basting” bolabasket ring bertingkat untuk pembelajaran penjasorkes, dinyatakan efektif karena dapat dilihat dari data-data diatas maka modifikasi model pengembangan permainan “Basting” bolabasket ring bertingkat dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pengembangan permainan “Basting” bolabasket ring bertingkat layak digunakan. Dengan hasil pengembangan efektif untuk pembelajaran penjasorkes kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Dapat disarankan bagi guru Penjasorkes Sekolah Dasar dapat memanfaatkan model pengembangan pembelajaran ini dan dapat menambahkan variasi lain dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model, Permainan Basting.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jul 2020 14:22
Last Modified: 03 Jul 2020 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37159

Actions (login required)

View Item View Item