MANAJEMEN PEMBINAAN SEPAK BOLA PADA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) U-14 DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019


Rangga Guntur Prawira , 6101415160 (2019) MANAJEMEN PEMBINAAN SEPAK BOLA PADA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) U-14 DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MANAJEMEN PEMBINAAN SEPAK BOLA PADA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) U-14 DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019]
Preview
PDF (MANAJEMEN PEMBINAAN SEPAK BOLA PADA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) U-14 DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019) - Published Version
Download (998kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah yaitu sepak bola merupakan olahraga yang populer di Kabupaten Kendal, Kondisi sepak bola di Kabupaten Kendal yang tertinggal jauh dengan kota lain di Jawa Tengah terutama pada U-14. Ini disebabkan karena masih minimnya pembinaan sepak bola yang dilakukan, belum maksimal dalam pembinaan di usia muda. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana manajemen pembinaan sepak bola pada sekolah sepak bola (SSB) U-14 di Kabupaten Kendal Tahun 2019? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana manajemen pembinaan sepak bola pada sekolah sepak bola (SSB) U-14 di Kabupaten Kendal Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mempersiapkan sistematis tentang apa yang akan di observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh direduksi melalui triangulasi untuk mendapatkan ke absahan data. Lokasi penelitian adalah empat sekolah sepak bola yang ada di Kabupaten Kendal yaitu sekolah sepak bola Persik Putra, Rehobat, Bhayangkara dan Putra Mororejo. Subyek penelitian ini adalah manajer/pengelola, pelatih dan pemain. Data diolah dengan teknik pengelolaan data triangulasi. Hasil penelitian berdasarkan fungsi manajemen menunjukan bahwa perencanaan (planning) di beberapa sekolah sepak bola yang diteliti belum menjalankan fungsi perencanaan dengan baik karena semua sekolah sepak bola mempunyai tujuan yang sama yaitu bisa membuat anak-anak bisa bermain sepak bola dengan baik dan benar, namun dalam tujuan pelaksanaannya belum sesuai dengan perencanaan. Pengorganisasian (Organizing) sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan fungsinya karena sudah mempunyai struktur organisasi. Penggerakan (Actuating) sudah baik karena Semua sekolah sepak bola di Kabupaten Kendal melakukan pertemuan rutin tiap bulan dan minggu, usaha perbaikan dan perkembangan sekolah sepak bola. Pengendalian (Controlling) baik, semua manajer mengontrol dan mengawasi program kerja di sekolah sepak bola. Penyusunan Personalia (Staffing) baik, sudah menyusun dan menempatkan anggotanya sesuai dengan tugas dan kemampuan masing-masing. Dari hasil dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen pembinaan sekolah sepak bola di Kabupaten Kendal dikatakan baik tetapi kurang maksimal karena terdapat fungsi manajemen yang belum berjalan dengan baik disebuah sekolah sepak bola. Oleh karena itu sekolah sepak bola membuat perencanaan dengan baik, membentuk struktur organisasi agar manajemen pembinaan tertata dengan baik, mengadakan dan melakukan evaluasi sekolah sepak bola untuk meningkatkan kualitas dan perkembangan sekolah sepak bola yang ada di Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan, Sepak Bola, Sekolah Sepak Bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jul 2020 14:18
Last Modified: 03 Jul 2020 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37158

Actions (login required)

View Item View Item