SURVEI PEMBINAAN OLAHRAGA SEPAK BOLA KELOMPOK UMUR 6-12 TAHUN PADA SSB SE-KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019


M Risqi Cahya P , 6101415138 (2019) SURVEI PEMBINAAN OLAHRAGA SEPAK BOLA KELOMPOK UMUR 6-12 TAHUN PADA SSB SE-KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI PEMBINAAN OLAHRAGA SEPAK BOLA KELOMPOK UMUR 6-12 TAHUN PADA SSB SE-KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019]
Preview
PDF (SURVEI PEMBINAAN OLAHRAGA SEPAK BOLA KELOMPOK UMUR 6-12 TAHUN PADA SSB SE-KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019) - Published Version
Download (762kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah karena banyaknya Sekolah Sepakbola yang ada di Kabupaten Cilacap tetapi untuk pembinaan usia dibawah 12 tahun masih belum banyak dilakukan karena untuk askab sendiri belum ada kompetisi resminya juga untuk SSB khususnya usia dini belum manajemen yang baik didalam tubuh SSB sendiri. Pertanyaan penelitian : 1) Mengetahui pembinaan ditinjau dari manajemen olahraga (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling) di sekolah sepak bola (SSB) kelompok umur 6-12 tahun di Kabupaten Cilacap tahun 2019. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik sampling purposive sampling jadi di ambil penelitian di 5 Sekolah Sepakbola di Kabupaten Cilacap yaitu SSB Indonesia Muda, SSB Merpati Muda, SSB Nusantara Muda, SSB Galaxy, dan SSB Tunas Roda. Teknik pengumpulan data menggunakan metode yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, sebagai berikut: Pembinaan di 5 SSB ditinaju dari manajemen olahraga dikatakan Cukup Baik untuk progam latihan hanya SSB Indonesia Muda yang baik sementara 4 SSB lainya masih kurang, Sarana prasarana di Sekolah Sepakbola (SSB) di Kabupaten Cilacap berdasarkan hasil penelitian dari 5 Sekolah Sepakbola (SSB) di Kabupaten Cilacap semua sudah mempunyai sarana prasarana yang baik. Sumber dana yang digunakan dalam proses pembinaan Sekolah Sepakbola (SSB) di Kabupaten Cilacap berbeda ada 3 SSB yang sumber pendanaan berasal dari iuran wali murid tetapi ada 2 SSB yang sumber dananya tidak mengandalkan iuran wali murid saja yaitu SSB Nusantara Muda dan SSB Galaxy yang memiliki sponsor. Simpulan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembinaan sekolah sepakbola di Kabupaten Cilacap dapat dikatakan Baik. Untuk Saran diharapakan sekolah sepakbola di Kabupaten Cilacap lebih memperhatikan lagi unsur pendukung pembinaan seperti Organizing yaitu manajemen organisasi dan pendanaan, apabila SSB kesulitan dalam hal pendanaan diharapkan menjalin kerjasama dengan donator maupun sponsor sehingga membuat pembinaan lebih bisa berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Pembinaan, Sekolah Sepakbola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Jul 2020 18:31
Last Modified: 01 Jul 2020 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37147

Actions (login required)

View Item View Item