PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF, AKTIVITAS OLAHRAGA, DAN SISTEM PENILAIAN ANAK TUNARUNGU DI SLB B SE-KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019


Bekti Wredyantoro , 6101415134 (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF, AKTIVITAS OLAHRAGA, DAN SISTEM PENILAIAN ANAK TUNARUNGU DI SLB B SE-KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF, AKTIVITAS OLAHRAGA, DAN SISTEM PENILAIAN ANAK TUNARUNGU DI SLB B SE-KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF, AKTIVITAS OLAHRAGA, DAN SISTEM PENILAIAN ANAK TUNARUNGU DI SLB B SE-KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019) - Published Version
Download (774kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif selama ini masih seperti membelajarkan kepada siswa normal pada umumnya. Fakta dilapangan menunjukkan keterbatasan guru pendidikan jasmani adaptif, kurangnya kreatifitas guru dan kurangnya sarana prasarana serta sistem penilaian yang dijalankan tidak sesuai dengan kurikulum menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara maksimal. Aktivitas olahraga selain dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif yang kurang beragam dan terorganisir membuat pembinaan siswa di bidang olahraga juga kurang maksimal. Berlatar belakang penjelasan tersebut, Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif, sistem penilaian, dan aktivitas olahraga di SLB B se-Kabupaten Wonosobo tahun 2019 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pendidikan jasmani SLB B se-Kabupaten Wonosobo. Objek penelitian ini adalah SLB B Karya Bakti dan SLB B Dena Upakara. Metode pengumpulan data melalui tiga cara yaitu dengan 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan jasmani adaptif dan sistem penilaian di SLB B Karya Bakti dan SLB B Dena Upakara sudah berjalan namun belum berjalan dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu perencanaan pembelajaran,proses pelaksanaan pembelajaran, dan sarana prasarana di SLB B se-Kabupaten Wonosobo belum baik. Meskipun guru telah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, namun perencanaan pembelajaran belum di khususkan untuk siswa berkebutuhan khusus tunarungu. Urutan dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian juga tidak sesuai dengan sistematika rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun. Sarana dan prasarana pendukung pembelajaran juga belum sepenuhnya mendukung pembelajaran pendidikan jasmani adaptif, karena ada beberapa alat olahraga yang rusak dan tidak diperbarui. Aktivitas olahraga yang kurang terorganisir juga hanya membuahkan hasil prestasi siswa di bidang olahraga kurang maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran dan sistem penilaian pendidikan jasmani adaptif di SLB B se-Kabupaten Wonosobo Tahun 2019 belum berjalan dengan baik. Saran dari peneliti yaitu Guru penndidikan jasmani hendaknya membuat perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Guru pendidikan jasmani hendaknya melaksanakan pembelajaran dengan sistematika yang telah disusun, serta lebih kreatif dalam memodifikasi pembelajaran dan sarana prasarana olahraga agar aktivitas olahraga yang dijalankan dan diorganisir dapat membuahkan prestasi olahraga

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pendidikan Jasmani Adaptif, SLB B
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Jul 2020 18:29
Last Modified: 01 Jul 2020 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37146

Actions (login required)

View Item View Item