SURVEI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI DI ITE COLLEGE EAST SINGAPORE TAHUN 2018


SYAHERDILLAH WIJIANTO , 6101415132 (2019) SURVEI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI DI ITE COLLEGE EAST SINGAPORE TAHUN 2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SURVEI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI DI ITE COLLEGE EAST SINGAPORE TAHUN 2018]
Preview
PDF (SURVEI PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI DI ITE COLLEGE EAST SINGAPORE TAHUN 2018) - Published Version
Download (915kB) | Preview

Abstract

Persepsi terhadap pendidikan jasmani di kalangan masyarahak dan siswa masih tergolong buruk, padahal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pendidikan jasmani, mengakibatkan persepsi yang kurang baik terhadap pendidikan jasmani. Negara Singapura merupakan negara dengan sistem pendidikan yang baik, tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di ITE College East Singapore? dan bagaimana antusias siswa terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di ITE College East Singapore?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif etnografi. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh direduksi melalui triangulasi untuk mendapatkan keabsahan data. Lokasi penelitian yaitu di ITE Collge East Singapore. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa ITE College East yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa: (1) siswa berpersepsi bahwa pendidikan jasmani adalah mata pelajaran yang penting, siswa merasa pembelajaran pendidikan jasmani tidak sulit, pembelajaran pendidikan jasmani sangat bervariasi, siswa menikmati proses pembelajaran pendidikan jasmani, terdapat siswa yang memiliki persepsi tidak baik terhadap pendidikan jasmani, (2) fasilitas berpengaruh terhadap antusias dan minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, siswa bersemangat ketika mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani, kondisi fasilitas olahraga yang baik mempengaruhi minat dan antusias siswa. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani di ITE College East sangat mempengaruhi persepsi siswa terhadap pendidikan jasmani. Proses pembelajaran jasmani yang bervariasi, membuat siswa mudah untuk menerima materi yang disampaikan. Dengan pembelajaran yang banyak menggunakan variasi permainan, siswa akan merasa senang dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga akan mempengaruhi antusias dan minat siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Rata-rata siswa menganggap bahwa mata pelajaran pendidikan jasmani memberikan dampak yang positif Selain persepsi positif terhadap pendidikan jasmani, terdapat juga persepsi negatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Jul 2020 18:28
Last Modified: 01 Jul 2020 18:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37145

Actions (login required)

View Item View Item